Minggu, Mei 19, 2024
BerandaKlungkungSenderan Irigasi Subak Lepang Jebol, 75 Hektar Lahan Subak Terancam Tidak Mendapatkan...

Senderan Irigasi Subak Lepang Jebol, 75 Hektar Lahan Subak Terancam Tidak Mendapatkan Air

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Cuaca hujan beberapa pekan lalu sangat berdampak bagi masyarakat, kali ini gorong-gorong aliran subak Desa Adat Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, terkena imbasnya.

Gorong-gorong tersebut jebol sehingga 75 hektar lahan Subak terancam tidak mendapatkan air. Kejadian tersebut di sebelah barat Bale yadnya Desa Adat Lepang.

Kelian Subak Desa Adat Lepang, Putu Gede Winaya mengatakan, senderan tersebut jebol sudah dua hari yang lalu disebabkan oleh, pondasi gorong-gorong yang sudah rapuh dan juga akibat hujan deras beberapa pekan lalu yang membuat aliran air menjadi deras dan mengikis pondasi gorong-gorong dan kemudian jebol.

“Sangat deras sekali hingga menyebabkan gorong-gorong ini roboh,” ujarnya, Jumat (21/7/2023).

Dari kejadian tersebut, 75 hektar lahan subak Lepang tidak mendapatkan air selama satu hari hal itu sangat mempengaruhi para petani yang menanam padi karena padi tersebut saat ini sudah dalam tumbuh masa dewasa.

“Sekarang 75 hektar subak tersebut sudah ditanami bibit padi yang harus mendapatkan air dan tanaman padi yang sudah dalam masa dewasa,” ungkapnya.

BACA :  Lantik Forum TJSL Provinsi Bali, 'Ngrombo' Entaskan Kemiskinan

Akhirnya dengan menggunakan dana subak sebanyak Rp 3,5 juta dirinya langsung menyewa alat berat untuk digunakan mengeruk reruntuhan agar air subak bisa mengalir dan mengisi lahan 75 hektar lahan subak yang yang sempat tidak mendapatkan air selama satu hari.

“Kami berharap agar pihak terkait segera memberikan tindakan dan sedikit tidaknya diberikan bantuan,” pungkasnya.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular