Dewan bersama eksekutif Karangasem bahas Ranperda
Dewan bersama eksekutif Karangasem bahas Ranperda

KARANGASEM, balipuspanews.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Karangasem serahkan dua usulan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perlindungan dan Pemberdayaan Petani dan Perda Perlindungan dan Permberdayaan Nelayan dalam sidang paripurna yang berlangsung Senin (2/03/2020) siang di gedung DPRD Karangasem.

Seperti yang disampaikan oleh I Wayan Pura Arnawa ketika membacakan usulan rancangan Perda tersebut mengatakan, Perancangan Perda ini dibuat untuk melindungi keberadaan para petani dan nelayan serta sebagai jawaban atas keberpihakan pemerintah Karangasem kepada petani dan nelayan di Kabupaten Karangasem.

Petani dan Nelayan sebagai pelaku pembangunan perlu diberikan perlindungan dan pemberdayaan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan yang merupakan hak dasar setiap orang guna mewujudkan kedaulatan pangan secara berkelanjutan.

“ Dalam menyelenggarakan pembangunan, petani dan nelayan mempunyai peran sentral dan memberikan kontribusi besar oleh sebab itu penting memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada petani dan nelayan khususnya yang ada di Kabupaten Karangasem,” terang Pura Arnawa.

Setelah membacakan materi, rancangan perda tersebut kemudian diserahkan secara langsung oleh Wakil Ketua DPRD Karangasem, I Nengah Sumardi yang memimpin jalannya rapat paripurna kepada Bupati Mas Sumatri.

Sementara itu, dalam rapat paripurna tersebut juga mengesahkan tiga Ranperda yang sudah selesai dibahas diantaranya Perda Penyelenggaraan cadangan pangan daerah, Perda Pengangkatan dan pemberhentian Kaling, serta Perda Susunan tata kerja BPBD Karangasem.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, menyampaikan ucapan terimakasih kepada dewan yang terhormat atas kerja sama dalam pembahasan rancangan keempat ranperda.

“ Dengan disetujui rancangan perda tersebut selanjutnya akan segera ditindak lanjuti dibuatkan nomor register,” terang Bupati Karangasem.(igs/tim/bpn)