Petugas melakukan vaksinasi terhadap anjing liar di Karangasem
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem menjadi salah satu wilayah Bumi Lahar yang paling rentan terhadap penyebaran virus rabies.

Dikatakan rentan, karena disebagian besar wilayah Kecamatan Kubu terutama diplosok dusun, populasi anjing cukup banyak, kondisi ini diperparah dengan dilepas liarkannya ajing tersebut oleh pemiliknya.

Menurut Dr. Ketut Ani Novita Arsani yang ditemui disela melaksanakan vaksinasi anjing di wilayah Desa Tianyar Tengah, Kubu, Karangasem Rabu (5/12/2018)  mengatakan, kurangnya edukasi warga untuk mengikat anjing peliharaan masih sangat kurang sehingga anjing dilepas liar begitu saja dan berpotensi terkena virus rabies.

“Selain kurangnya edukasi juga masyrakat masih cuwek, padahal kita setiap 3 bulan datang untuk lakukan vaksinasi secara gratis terutama untuk anak anjing, namun warga tidak begitu ada yang merespon,” kata Novita Arsani

Sementara itu, untuk jumlah positif Rabies di tahun 2018 sampai awal Desember ini diwilayah Kubu, Karangasem tercatat ada 12 kasus positif Rabies.

” Terakhir kasus positif rabies terjadi satu bulan lalu diwilayah Dukuh,” ujarnya. ( igs)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...