Penemuan dua ular piton oleh warga di Taman Pancing Timur, Pemogan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, pada Minggu (28/6/2020).
Penemuan dua ular piton oleh warga di Taman Pancing Timur, Pemogan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, pada Minggu (28/6/2020).

DENPASAR, balipuspanews.com – Warga dikejutkan dengan keberadaan sepasang ular piton di Taman Pancing Timur, Pemogan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, pada Minggu (28/6/2020).

Kemunculan kedua ular itu disebutkan seusai turun hujan pada pagi harinya.

I Gede Pendy Suwardana, salah seorang warga yang menyaksikan kemunculan sepasang ular piton itu mengungkapkan, ular itu ditemukan sekitar pukul 09.45 Wita saat ia tengah bersepeda di sekitaran wilayah tersebut.

Pendy memperkirakan panjang ular itu sekitar 5 meter dan kedua ditemukan secara terpisah.

“Satu ular dulu yang ditemukan, lalu ada satu lagi di bebatuan sekitar sungai, di situ ularnya, batunya dibongkar untuk dievakuasi ularnya, diketahui itu pasangan jantan dan betina,” ujarnya.

Ia menambahkan, karena berisiko membahayakan anak-anak serta warga yang beraktivitas tak jauh dari kawasan tersebut, ular itu diputuskan untuk diamankan.

Pasalnya, ular klasifikasi familia phytonidae meski dikenal sebagai ular yang tidak berbisa, tetapi kemampuan lilitannya sangatlah kuat.

“Ularnya diamankan warga, soalnya banyak anak kecil yang bermain di sana dan ada warga yang aktivitas olahraga juga,” tandasnya.

Penulis : Ni Kadek Rika Riyanti

Editor : Putu Artayasa