Putu Gede Suastrawan ketua Bawaslu Karangasem
Putu Gede Suastrawan ketua Bawaslu Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Minimnya pelamar pengawas ad hoc tingkat kelurahan dan desa yang akan mengawasi proses Pilkada Karangasem di kecamatan Karangasem membuat Bawaslu Karangasem memperpanjang jadwal rekrutment.

Rencananya, Bawaslu akan melakukan perpanjangan pendaftaran mulai 27 Pebruari 2020 sampai 4 Maret 2020 mendatang.

Keputusan ini diambil lantaran dari 78 desa di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem, hanya Kecamatan Karangasem yang jumlah pelamarnya dibawah kuota.

“ Yang diperpanjang hanya di Kecamatan Karangasem saja, karena ada 9 Desa yang belum memenuhi syarat minimal pelamar. Minimal setiap desa ada 2 orang pelamar,” jelas Ketua Bawaslu Karangasem, Putu Gede Suastrawan saat ditemui balipuspanews.com.

Sementara untuk Desa Kelurahan yang kuotanya sudah mencukupi pasca ditutupnya pendaftaran pada 22 Pebruari 2020 lalu, saat ini telah masuk tahapan seleksi administrasi dan wawancara. Hasil tes akan diumumkan 25 sampai 27 Pebruari 2020.

Hasil tes akan diuji publik untuk mendapat tanggapan dari masyarakat. Jika ada taggapan setelah itu, akan dilakukan klarifikasi tanggal 4 – 10 Maret mendatang.

Sedangkan pengumuman penetapan akan diumumkan 12 Maret 2020. (igs/tim/bpn)