Para pedagang sarana upacara di lantai III (tig) Pasar Umum Gianyar saat menjelaskan kondisi pembeli yang sepi di tempat berjualannya tersebut. - Foto: Ketut Catur Kusumaningrat.
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, balipuspanews.com – Lantai III (tiga) Pasar Umum Gianyar nampak sepi yang terlihat hanyalah barang dagangan dan hanya diramaikan oleh para pedagang. Nampak tidak ada satupun pembeli yang melakukan transaksi di lantai atas Pasar Gumi Seni itu.

Salah seorang pedagang sarana upacara Ibu Jero mengatakan bahwa sepinya pembeli di lantai atas ini terjadi karena para pembeli malas untuk menaiki lantai atas, mereka lebih memilih berbelanja dibawah.

“Dibawah sudah ramai pedagang, jadi para pembeli lebih memilih untuk berbelanja di bawah pak. Jarang ada pembeli yang mau naik ke lantai atas untuk berbelanja kecuali sudah langganan,” katanya kepada Balipuspanews.com dengan nada sedikit pasrah, Sabtu (22/6) pagi.

Diungkapkan oleh pedagang yang sudah tiga tahun berdagang di Pasar Umum Gianyar ini bahwa sebelumnya masih ramai pembeli menaiki lantai atas karena dianggap lebih banyak tersedia keperluan khususnya sarana upacara, namun karena banyak pedagang yang sebelumnya berjualan alat upakara di lantai atas lebih memilih berjualan di bawah maka pembeli lebih memilih berbelanja di bawah karena lebih mudah dan tidak perlu capek lagi naik kelantai atas.

“Tadinya masih ramai berbelanja sarana upacara kesini, namun karena ada beberapa pedagang sarana upacara memilih berjualan di bawah jadi para pembeli memilih berelanja dibawah dan tidak naik keatas,” ujarnya.

Ditanya terkait mengapa tidak memilih berdagang dibawah saja, Ibu Jero mengungkapkan bahwa sebelumnya ia berniat untuk memindahkan dagangannya ke bawah namun karena terdapat informasi Pasar Umum Gianyar ini akan segera di revitalisasi maka ia mengurungkat niatan tersebut.

“Awalnya saya ingin berjualan dibawah, tetapi ada informasi pasar akan segera direvitalisasi. Ya saya batal, nunggu direvitalisasi dulu nanti siapa tau akan lebih baik dari ini,” ungkapnya.

Dari penuturan salah satu pedagang lainnya, sebelumnya area bawah Pasar Umum Gianyar adalah tempat parkir kendaraan dan pedagang dikhususkan hanya berjualan didalam gedung pasar saja. Namun seiring jalannya waktu, tempat parkir tersebut beralih fungsi menjadi tempat berdagang.

“Dulu dibawah itu tempat parkir, namun saat ini sudah menjadi tempat berdagang. Saya juga tidak mengerti bisa seperti itu,” ucap salah satu pedagang yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut.

Memang Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra sudah merencanakan revitalisasi Pasar Seni Sukawati dan Pasar Umum Gianyar, prosesnya pun sudah cukup matang terlaksana.

Sebelumnya pada Sabtu (23/3) Bupati Gianyar Mahayastra sudah memaparkan perencanaan revitalisasi Pasar Umum Gianyar saat menggelar pertemuan dengan perwakilan para pedagang di halaman Kantor Bupati Giannyar.

Saat itu diungkapkan rencana pengosongan Pasar Umum Gianyar akan terlaksana pada bulan Agustus tahun ini.

“Termasuk juga pasar gianyar pada bulan agustus ini mulai akan kita kosongkan,” ujarnya.

Untuk tenpat relokasi sementara para pedagang Pasar Umum Gianyar akan direlokasi di Samplangan Gianyar dimana lahan yang sudah dipersiapkan adalah sebesar dua hektar, tepatnya berada disebelah timur lampu merah Samplangan.(catur/bpn/tim).