Kamis, April 18, 2024
BerandaBadungSerah Terima Kirab Pataka I Gusti Ngurah Rai, Asisten Perekonomian dan Pembangunan...

Serah Terima Kirab Pataka I Gusti Ngurah Rai, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ingatkan Nilai-nilai Perjuangan Pahlawan Puputan Margarana

BADUNG, balipuspanews.com – Napak Tilas Pataka/Panji-Panji dan Pembacaan Surat Sakti Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Puputan Margarana yang diperingati setiap tanggal 20 Nopember dan Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2023, Sabtu (18/11/2023).

Serah terima Pataka/Panji-panji dan Surat Sakti perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang dikirab dari Kota Denpasar kepada Kabupaten Badung dilaksanakan dalam upacara serah terima di Lapangan Pusat Pemerintah Kabupaten Badung. Upacara ini dipimpin oleh Sekda Badung yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ida Bagus Gede Arjana.

Turut hadir anggota DPRD Kabupaten Badung, para Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, tamu undangan dan peserta upacara. Upacara serah terima melibatkan anggota Patriot Panca Marga, Pemuda Panca Marga (PPM) Bali, Organisasi Kepemudaan, pemuda dan siswa di Kabupaten Badung.

Selaku leading sektor dalam acara tersebut, Kepala Dinas Sosial Badung I Ketut Sudarsana menyampaikan dalam upacara penyerahan pataka/panji-panji dan pembacaan surat sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini dapat mengimplementasi generasi saat ini untuk terus mengenang jasa para pahlawan dan semangat juang di masa lalu dapat diteruskan sampai saat ini dan seterusnya.

BACA :  Mantan Kasatpol PP Klungkung, Putu Suarta Kembali Nahkodai PHDI Klungkung

“Implementasinya kita harapkan, nilai-nilai perjuangan dan semangat perjuangan pahlawan kita terimplementasi di generasi sekarang,” ucapnya.

Napak tilas Pahlawan Nasional kali ini mengambil tema “77 Tahun Perang Gerilya Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia (20 Nopember 1946) Kita Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dan Kebangsaan melalui Napak Tilas”. Melalui tema ini, Sudarsana berharap kepada generasi muda dan kita bersama mentauladani nilai-nilai perjuangan. Semangat perjuangan itu agar dapat dilaksanakan dan diwarisi kepada generasi-generasi selanjutnya supaya nilai-nilai itu dapat dilestarikan.

“Semangat perjuangan yang dilaksanakan oleh pejuang kita hendaknya bisa ditularkan pada generasi muda kita sekarang,” tambahnya.

Kegiatan ini dimulai dengan upacara Serah Terima Pataka/Panji-panji dan Pembacaan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai kemudian melakukan Tabur Bunga di Monumen Blumbungan Desa Sibang Kaja Kecamatan Abiansemal dan Apel di Monumen I Gusti Ngurah Rai Desa Carang Sari.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular