Serahkan Bantuan Bareng Gibran, Puan: Solo Selalu di Hati Saya

Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/10/2022). Didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, membagikan sejumlah bantuan. (Foto: DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/10/2022). Didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, membagikan sejumlah bantuan. (Foto: DPR RI)

SOLO, balipuspanews.com – Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Solo, Jawa Tengah. Bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Puan blusukan ke kampung warga membagikan sejumlah bantuan.

Sebelum memulai kunkernya, Puan sempat sarapan bersama Gibran dan beberapa Anggota DPR RI di Soto Gading, Minggu (2/10/2022). Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri juga sering makan di soto legendaris di Kota Solo ini.

Setelahnya, Puan blusukan ke kampung warga yang berada di Kelurahan Kratonan RT 04 RW I, Kecamatan Serengan, Solo. Didampingi Gibran, Puan berjalan menyusuri lorong-lorong kampung dan menyapa warga.

Warga kampung Kratonan menyambut hangat kehadiran Puan. Sesekali, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu berhenti di depan rumah warga untuk menyapa maupun berdialog.

Baca Juga :  UKM Naik Kelas, Pelaku UMKM Diminta Distribusikan Produk Melalui Kanal Digital

“Alhamdulillah saya bisa ke Solo, sekalian bertemu dengan masyarakat untuk melihat bagaimana kondisi Solo,” kata Puan.

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu pun mengungkapkan rasa senangnya bisa kembali lagi ke Solo. Apalagi, kata Puan, Solo merupakan salah satu daerah yang masuk dalam daerah pemilihannya.

“Solo selalu di hati saya. Maka saya akan selalu bekerja untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi Bapak/Ibu sekalian,” tutur Legislator Dapil Jawa Tengah V tersebut.

Secara simbolis, Puan menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako kepada warga. Ia juga mendatangi anak-anak dan memberikan hadiah berupa alat tulis dan mainan.

Dalam kesempatan itu, Puan turut memberikan bantuan kursi roda untuk 4 orang warga dan alat bantu dengar untuk 2 orang warga. Ia menyerahkan langsung bantuan kursi roda kepada salah seorang ibu lansia.

Baca Juga :  Remaja Dituntut Aktif Mengedukasi Permasalahan HIV/AIDS Sedini Mungkin

“Kebetulan ada beberapa lansia yang berharap diberikan kursi roda, dan kami menangkap aspirasi masyarakat sambil memberi bantuan. Semoga ibu sehat-sehat terus ya, dan alat bantu ini bisa bermanfaat,” ungkap Puan.

Mantan Menko PMK itu juga berbincang dengan pasangan suami istri yang merupakan pelaku UMKM. Puan menanyakan bagaimana kondisi usaha pengrajin pakaian tersebut, khususnya pasca pandemi Covid-19.

“Usahanya gimana pak bu. Kondisinya gimana?” tanyanya.

“Usaha jual celana bu, tapi sepi pas Corona. Nanti kita usaha lagi biar bisa dapat duit,” jawab warga tersebut.

“Ya nanti pelan-pelan semoga usahanya bisa jalan lagi,” timpal Puan.

Selama mengecek kondisi kampung, Puan memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal warga. Menurutnya, Kampung Kratonan cukup bersih dan terawat.

Baca Juga :  Pria asal Seririt Ditemukan Menjadi Mayat di Bawah Bendungan Panglan, Mengwi

“Tapi ada beberapa rumah warga yang kurang ventilasi. Saya coba nanti cari solusi tapi menurut Pak Wali Kota sudah ada rumah-rumah dan beberapa kampung warga yang dibantu sehingga memiliki rumah yang layak huni sekalipun di perkampungan,” terang Puan.

“Jadi memang diperlukan adanya sinergi antara warga dengan pemerintah kota,” sambungnya.

Usai blusukan, Puan mendatangi GOR Sriwedari. Ia melihat anak-anak yang sedang latihan basket, termasuk Jan Ethes Srinarendra, putra pertama Wali Kota Gibran Rakabuming.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan