Serahkan SK Penetapan BLUD Puskesmas, Bupati Suwirta Berharap Layanan Kesehatan Optimal

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menyerahkan SK BLUD Puskesmas se-Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, pada Kamis (13/1/2022)
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menyerahkan SK BLUD Puskesmas se-Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, pada Kamis (13/1/2022)

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengingatkan bahwa dengan adanya SK Penetapan BLUD puskesmas ini, supaya tenaga kesehatan dapat memanfaatkannya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, berinovasi dan bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan pada tempat tugasnya masing-masing.

Harapan itu diungkapkan saat menyerahkan SK Bupati Klungkung mengenai penetapan BLUD Puskesmas kepada semua Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Klungkung yang bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (13/1/2022).

Bupati Suwirta berpesan kepada Kepala UPTD se-Kabupaten Klungkung untuk dapat menunjukan diri sebagai leader yang baik selama menjadi Kepala UPTD puskesmas di tempat kerja masing-masing.

“Agar dapat optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menerapkan pola panutan dalam bertugas di tempat tugas masing-masing,” pesannya.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Terima Exit Meeting Tim Pemeriksa Pendahuluan BPK RI Perwakilan Provinsi Bali

Bupati asal Nusa Ceningan meminta kepada seluruh puskesmas di Kabupaten Klungkung supaya dapat segera menerapkan digitalisasi, seperti e-rekam medis dan e-rujukan, dan aplikasi lainnya, dalam upaya menuju paperless dan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

“Mari bersama-sama bekerjasama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal,” imbuh Bupati Suwirta.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta juga menugaskan Kepala Dinas Kesehatan agar mengecek ulang kebutuhan tenaga kesehatan, agar pelayanan kesehatan dapat berjalan optimal di semua Puskesmas dan RSUD Klungkung.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klungkung, dr I Made Adi Swapatni dalam laporannya menyatakan bahwa dalam mempersiapkan BLUD pada puskesmas se-Kabupaten Klungkung, Dinas Kesehatan Pemkab Klungkung terlebih dahulu mengadakan berbagai kegiatan diantaranya pelatihan, pendampingan yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bali dan menugaskan pimpinan Puskesmas untuk mengikuti study banding ke wilayah Puskesmas di seputaran Provinsi Bali maupun Luar Provinsi Bali.

Baca Juga :  Tahun 2023, UMK di Klungkung Naik Jadi Rp 2,7 Juta

dr I Made Adi Swapatni mengharapkan agar puskesmas dapat siap dalam melaksanakan PPK BLUD ini puskesmas.

Dalam acara tersebut, diisi penandatanganan perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan puskesmas se-Kabupaten Klungkung yang dilaksanakan secara simbolis oleh Kepala BPJS Kesehatan dengan puskesmas se-Kabupaten Klungkung yang dilaksanakan secara simbolis oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung Elly Widiani dengan Kepala UPTD Puskesmas Banjarangkan I dr. I Wayan Agus Arisnawan yang disaksikan undangan yang hadir.

Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Daerah Kabupaten Klungkung I Made Seger, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung I Dewa Putu Geriawan serta undangan terkait lainnya.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta