Bhabinkamtibmas Desa Sekumpul Aiptu Komang Suraga saat mengantarkan jenazah korban di RS Pratama Giri Emas.

SAWAN, balipuspanews.com – Nikkels Frederik (61) seorang wisatawan mancanegara (wisman) asal Belanda, dikabarkan meninggal saat beristirahat di sebuah restoran yang ada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Jumat (10/1) sore.

 

 

 

Seizin Kapolres Buleleng, Kasubbag Humas Iptu Gede Sumarjaya dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Menurut Sumarjaya, korban meninggal karena sakit jantung.

 

 

 

Imbuh Kasubbag Sumarjaya, korban datang ke Sekumpul bersama putranya, Nikkel Johanes Arrend (28). Mereka berdua datang ke Sekumpul untuk liburan. Keduanya diketahui menginap di wilayah Ubud, dan datang ke Sekumpul menggunakan sepeda motor.

 

 

 

Mereka kemudian menyewa jasa pemandu wisata dan berjalan kaki menuju Air Terjun Sekumpul. Sekitar satu jam berada di sekitar air terjun, keduanya memutuskan kembali ke areal parkir untuk makan siang.

 

 

 

Nah, sampai di restoran, mereka pun istirahat sejenak. Saat tengah beristirahat itu, tiba-tiba saja korban ambruk. Sejumlah pemandu wisata dan anak korban pun sempat memberi pertolongan pertama. Termasuk memberi nafas bantuan.

 

 

 

Upaya tak membuahkan hasil sehingga korban pun langsung dilarikan ke RS Pratama Desa Giri Emas. Sayang, sampai di rumah sakit, nyawa korban tak dapat diselamatkan. Dokter menyatakan korban telah meninggal dunia saat sampai di RS.

 

 

 

“Keterangan dari anak korban, memang korban ini punya riwayat sakit jantung. Malah sekitar dua tahun lalu, sempat menjalani operasi jantung di Belanda,” ungkap Kasubbag Sumarjaya, Sabtu (11/1).

 

 

 

Kini, jenazah korban dititipkan di Ruang Jenazah RS Parama Sidhi Singaraja. Rencananya jenazah korban akan dipulangkan ke negara asalnya. Pihak keluarga masih melakukan koordinasi dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Belanda di Bali, terkait prosedur pemulangan.