Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaAdvertorialSerangkaian HUT RI Ke-74, Kecamatan Gelar Pawai Obor

Serangkaian HUT RI Ke-74, Kecamatan Gelar Pawai Obor

DENPASAR, balipuspanews.com-Semarak perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019 dikemas sangat meriah di Kota Denpasar. Salah satunya di Kecamatan Denpasar Utara yang menggelar pawai obor dipusatkan di Kawasan Taman Kota Lumintang, Denpasar pada Jumat (16/8) malam.

Kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan Kantor Camat Denpasar Utara dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang malam itu dilepas secara langsung Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara bersama Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, Ketut Suteja Kumara dan Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra. Hadir pula Penglingsir Puri Peguyangan, AAN.Widiada, unsur TNI/Polri, Lurah Perbekel se-kecamatan Denut, perwakilan OPD Pemkot Denpasar beserta tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Ribuan peserta yang merupakan siswa siswi SD, SMP, dan SMA di kawasan Denpasar Utara dan juga perwakilan Perguruan Tinggi di Kota Denpasar serta masyarakat sekitar juga dilibatkan guna mensukseskan kegiatan ini.

Sementara rute yang dilalui dalam kegiatan Pawai Obor dimulai dari Jalan Mulawarman melewati di Parkir Timur Taman Kota Lumintang, menuju jalan A. Yani, melanjutkan ke Jalan Gatsu dan kembali ke parkir utara Taman Kota Lumintang. Masing-masing peserta terlihat membawa satu obor yang diaktifkan. Terdengar iringan marching band oleh SMK Bali Medika yang dipadukan dengan gambelan baleganjur oleh SMP PGRI 9 Denpasar mengiringi jalannya kirab obor.

BACA :  Wali Kota Jaya Negara Buka Turnamen Futsal Kusuma Praja Cup VIII

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mengatakan kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019 oleh Kecamatan Denut ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat anak-anak dan masyarakat sehingga dengan membawa api obor keliling Desa se-Kecamatan Denpasar Utara dapat menapaktilasi perjuangan dan pengorbanan para pendahulu yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa ini. “Api obor ini yang melambangkan semangat membara, kita jadikan momentum untuk terus meningkatkan rasa kebersamaan di dalam membangun dan mengisi kedaulatan NKRI,” katanya.

Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan melalui kegiatan ini Pemkot Denpasar mengajak masyarakat utamanya generasi muda untuk meningkatkan semangat diri dalam mendukung pembangunan dan melanjutkan perjuangan para pahlawan. “Mari kita berlomba-lomba meningkatkan kualitas diri, dengan meningkatkan kualitas diri kita harus dapat meningkatkan apa yang telah diwariskan para pejuang terdahulu,” harap Rai Iswara.

Sementara Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra mengatakan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan setiap tahun diadakan secara rutin oleh Kecamatan Denpasar Utara dan di tahun ini ditujukan dalam rangka pengembangan Wawasan Kebangsaan serta peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai- nilai luhur bangsa. “Perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah sehingga tepat tanggal 17 Agustus 1945 Republik Indonesia dapat memproklamirkan kemerdekaan dan menjadi bangsa merdeka hingga saat ini. Karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk mengingat jasa para pahlawan salah satunya dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI secara rutin disetiap tahunnya”ungkap Nyoman Lodra, (rls/bpn).

BACA :  Berantas Tindak Pidana Korupsi, Pemkot Denpasar Bersama KPK RI Gelar Rakor
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular