Sering Terjadi Kemacetan, Ratusan Pedagang di Bekas Terminal Seraya Direlokasi

Hari pertama kondisi pasar pagi di Pasar Amlapura Barat, setelah relokasi pedagang dari Terminal Seraya yang dilakukan Disperindag Karangasem, pada Senin (1/11/2021)

KARANGASEM, balipuspanews.com – 126 pedagang yang berjualan di kawasan jalan Ksatrian, Amlapura, tepatnya dibekas terminal Seraya menuju areal pasar Amlapura Barat direlokasi Disperindag Karangasem mulai Senin (1/11/2021).

Hal ini dibenarkan oleh PLT Kadisperindag Kabupaten Karangasem, I Gede Loka Santika saat dihubungi awak media. Ia mengatakan, pertimbangan untuk merelokasi para pedagang tersebut menuju Pasar Amlapura Barat untuk ketertiban arus lalu lintas di Jalan Kesatrian karena selama ini kerap terjadi kemacetan.

‚ÄúSelain untuk ketertiban lalulintas juga untuk meningkatkan pendapatan daerah, karena setelah pedagang ini masuk ke Pasar Amlapura Barat dan menempati tempat yang telah disediakan sesuai dengan komoditi yang dijual, maka nantinya bisa dipungut retribusi,” ujarnya.

Menyambung tentang penertiban lalulintas, awak media sempat menanyakan tentang kapasitas lahan parkir yang ada di Pasar Amlapura Barat apakah memadai atau tidak, karena jika lahan parkir tidak memadai tentunya niat menertibkan justru berpotensi memicu kemacetan baru dikawasan tersebut.

Terkait lahan parkir, menurut Santika berdasarkan kajian yang dilakukan antara Disperindag dengan Dishub, areal parkir yang ada di Pasar Amlapura Barat cukup untuk menampung kendaraan pada hari-hari biasa.

Hanya saja diakui memang diwaktu tertentu akan terjadi kepadatan yang disebabkan oleh pedagang bermobil khususnya pada saat hari pasaran, hanya saja keberadaan pedagang bermobil tersebut tentatif, dihari tertentu jumlahnya bisa meningkat dan berkurang.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan