Diklat BPBD
Diklat BPBD
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com – Untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam menanggulangi bencana, Selasa (17/9) Forum Relawan Pengurangan Resiko Bencana (FRPRB) BPBD Jembrana di berikan pendidikan dan latihan (Diklat).

Mereka diberikan Diklat selama tiga hari dengan berbagai materi guna meningkatkan kapasitasnya di gedung kesenian Bung Karno.

Diklat yang digelar BPBD Jembrana dalam rangka peningkatan kualitas kinerja untuk peningkatan kualitas pelayanan tanggap darurat itu bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada forum relawan pengurangan risiko bencana tentang manajemen penanggulangan bencana untuk meningkatkan semangat serta kinerja anggota yang ditugaskan pada forum relawan pengurangan resiko bencana.

Pesertanya ada 120 orang serta karyawan BPBD Jembrana, BPBD provinsi Bali, Basarnas BMKG, TNI dan Polri,.Sselain materi di ruangan, peserta juga diberikan praktek lapangan dan simulasi yang dilaksanakan di Kantor Pos Jembrana dan di Pantai Candikusuma, Melaya.

Sehingga peserta memahami dan mengetahui landasan hukum prosedur kerja serta memahami tugas dari BPBD khususnya relawan pengurangan risiko bencana sehingga mampu melaksanakan tugas dalam bidang penanganan bencana.
Sementara itu Bupati Jembrana dalam sambutanya yang dibacakan Kepala BPBD Jembrana I Ketut Eko Susilo Artha Permana, menyampaikan ancaman bencana setiap tahunnya terus meningkat baik bencana yang disebabkan oleh alam maupun non alam yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat dan pembangunan yang sedang dilaksanakan. Bagi peserta yang terpilih dalam FRPRB mendapat tugas dan tanggung jawab moral yang tidak ringan.

“Saya minta relawan untuk dapat mengikuti kegiatan teknis ini dengan penuh perhatian dan sungguh-sungguh serta bertanggung jawabm” tegasnya. (nm/bpn/tim)