Jajaran Siber Polda Bali belum mendapatkan laporan kasus HOAX pasca mewabahnya COVID -19
Jajaran Siber Polda Bali belum mendapatkan laporan kasus HOAX pasca mewabahnya COVID -19

DENPASAR, balipuspanews.com – Jajaran Ditreskrimsus Polda Bali belum mendapatkan laporan kasus HOAX pasca mewabahnya COVID -19.

“Kita belum menerima laporan, termasuk hoax yang sudah dibantah Kominfo kita belum terima laporan,” kata Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Gusti Ayu Putu Suinaci ketika dimintai keterangannya, Sabtu (4/4/2020).

Kendati demikian adanya, pihaknya tetap melakukan antisipasi adanya hoax (ada banyak macam hoax).

“Orang yang tidak bertanggung jawab sering memanfaatkan momen -momen tertentu untuk menyebarkan isu yang tidak benar terkait isu yang sedang tranding,” ujarnya.

Langkah yangv telah ditempuh Polda Bali termasuk Subdit Siber adalah melaksanakan literasi media baik secara mandiri maupun kerma dg Diskomonfo Bali.

Selain itu juga dilakukan literasi media mandiri dengan melaksanakan patroli siber melalui pemberdayaan tim cyber Troops untuk memantau komunikasi di sosmed.

“Jika ditemukan akun yang nyerempet bahaya kita laksanakan counter opini (meluruskan informasi) yang dishare,” jelasnya.

Lebih jauh juga mengedukasi natizen terkait bahaya hoax misalkan jika menerima berita/info tak jelas sumbernya lebih baik tidak di share lagi (berhenti di penerima) atau cari tahu kebenaran berita tsb melalui pencarian di Google atau sumber lain (bijak bermedsos).

Selain itu juga dilakukan dengan memanggil pemilik akun yang memposting berita meresahkan masyarakat
“Kita bina dan disarankan agar merubah redaksi postingannya agar tdk timbul komentar negatif,” jelasnya.

Disamping itu literasi dilakukan dengan bekerjasama dengan Kominfo Bali

“Kita secara Kontinyu melaksanakan literasi media ke kelompok masyarakat, sekolah, PKK, Karang Taruna, universitas, ASN guna mengedukasi masyarakat bijaksana menggunakan medsos. Saat ini kegiatan ini tdk bisa kita laksanakan karena mencegah penyebaran virus corona,” jelasnya. (Rls/bpn)