Jumat, Juni 14, 2024
BerandaKlungkungSidak Takjil di Pasar Senggol, Sempel Dinyatakan Negatif Formalin, Borax dan Rodhamin

Sidak Takjil di Pasar Senggol, Sempel Dinyatakan Negatif Formalin, Borax dan Rodhamin

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Dalam upaya melindungi masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang tidak memenuhi syarat khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Denpasar, Dinas Kesehatan Klungkung, Dinas Ketahanan Pangan melakukan sidak makanan dan minuman berbuka puasa atau takjil di Pasar Senggol Semarapura, Klungkung, Sabtu (15/4/2023).

Tercatat sebanyak 29 sampel makanan/minuman diuji dimobil keliling milik BPOM. Hasilnya 29 sampel yang diuji tidak menggunakan formalin, borax, dan rodhamin, hasilnya menyatakan negatif.

“Pengawasan ini dilakukan dari Kampung Gelgel, Kampung Lebah dan pasar senggol semuanya sempel hasilnya negatif. Hal ini menunjukkan masyarakat kita yang berjualan lebih paham akan pemanfaatan bahan pewarna, pengawet dan bahan yang berbahaya lainnya,” ujar Bupati Suwirta usai menunggu hasil uji lab.

Kedepannya Bupati Suwirta berharap pengawasan ini tidak hanya dilakukan pada saat bulan puasa saja, melainkan dihari raya besar yang dilaksanakan, seperti Galungan, Nyepi, dan lainnya.

“Ini menjadi harapkan kita bersama untuk menjaga kesehatan warga kita,” harapnya.

BACA :  Serikat Pekerja PLN Bantu Biaya Pendidikan Siswa Kurang Mampu

Bupati Suwirta juga mengimbau para pedagang supaya menjaga kebersihan produk dagangannya. Para pedagang yang berjualan dipinggir jalan ini diminta untuk menutup dagangannya supaya tidak kemasukan debu sehingga tetap higienis.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular