Rabu, April 24, 2024
BerandaNasionalJakartaSikapi Hasil Pemilu, PHDI dan Ormas Hindu Imbau Semua Pihak Junjung Tinggi...

Sikapi Hasil Pemilu, PHDI dan Ormas Hindu Imbau Semua Pihak Junjung Tinggi Persatuan dan Kesatuan

JAKARTA, balipuspanews.com – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bersama organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan Hindu mengimbau semua pihak menghormati proses demokrasi yang sedang berlangsung pasca pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

PHDI bersama ormas keagamaan Hindu juga meminta semua pihak mempercayakan hasilnya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Apabila terjadi sengketa pemilu, maka peserta Pemilu Tahun 2024 disarankan hendaknya mempercayakan dan mengikuti semua proses melalui mekanisme yang ada sesuai peraturan perundang-undangan.

“Mengimbau agar semua pihak tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan”. Demikian petikan salah satu butir dari 6 butir pernyataan bersama PHDI dan ormas keagamaan Hindu yang dirilis di Jakarta, Rabu (14/2/2024).

10 ormas keagamaan Hindu membuat pernyataan dan kesepakatan bersama yang ditandatangani para pimpinan masing-masing ormas. Yaitu Ketua Umum Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya; Ketua Umum Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Wikanti Yogi S.Ag.MSi; Ketua Umum Pinandita Sangraha Nusantara (PSN) Pinandita Gede Pastika; Ketua Umum DPP Prajaniti Hindu Indonesia KS Arsana, S.Psi., M.Pd, Ketua Umum PP Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) I Wayan Darmawan, S.Pd.

BACA :  Satpol PP Tutup Sementara Tambak Udang di Penyaringan

Kemudian Ketua Umum DPN Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah Indonesia) I Gede Ariawan, S.IP.,MIP; Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI) Nyoman Widia, MH, Ak, C.P.A; Ketua Umum Perkumpulan Dosen Hindu Indonesia (DHI) Drs. Agus Wijaya, S.Pd., S.Ag., M.M., M.Si; Ketua Umum Perkumpulan Acarya Hindu Indonesia
(Pandu Nusa) Duwijo, S.Pd.H; Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Pasraman
Indonesia (P3I) Kombes. Pol. (Purn) Pande Made.

Dalam pernyataannya, disebutkan pernyataan bersama ini mengacu pada pernyataan bersama ormas keagamaan Hindu yang dibuat sebelum hari H pemungutan tepatnya pada 27 Januari 2024, kemudian disusul dengan doa Santih Puja Pemilu Damai untuk Indonesia Jaya pada 8 Februari 2024, serta penyikapan atas pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 pada Pemilu Tahun 2024.

Dalam butir pernyataan lainnya, ormas keagamaan Hindu menyatakan Memberikan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia sebagai pemegang kedaulatan tertinggi yang telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Tahun 2024.

Kemudian Mengingatkan dan mendorong komponen penyelenggara dan pengawas Pemilu Tahun 2024 untuk tetap menjalankan tugas dan kewajibannya secara profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

BACA :  Besok MK Putuskan PHPU Pilpres 2024, Ketua MPR RI: Hormati Apapun Putusan MK

“Mengingatkan dan mendorong pemerintah dan aparat penegak hukum untuk mengawal Pemilu Tahun 2024 agar berjalan sesuai tahapan dan memberikan jaminan rasa aman kepada penyelenggara, pengawas, dan masyarakat sampai selesainya semua proses Pemilu Tahun 2024,” tulis butir lain dari pernyataan bersama tersebut.

Kemudian, juga Menyampaikan terima kasih kepada peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) yang telah mengikuti proses Pemilu Tahun 2024. Bagi peserta yang terpilih agar tetap rendah hati dan bagi peserta yang tidak terpilih agar dapat menerima dengan besar hati;

Sebagai penutup, disebutkan pernyataan dan imbauan ini disampaikan sebagai wujud partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (Dharma Negara) demi terwujudnya Pemilu Tahun 2024 sukses, aman, dan damai.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular