Kamis, Maret 28, 2024
BerandaBadungSimulasi di Puskesmas Abiansemal I, Badung Siap Menjadi Lokasi Pelaksanaan Imunisasi Vaksin...

Simulasi di Puskesmas Abiansemal I, Badung Siap Menjadi Lokasi Pelaksanaan Imunisasi Vaksin Covid-19

BADUNG, balipuspanews.com – Puskesmas Abiansemal I di Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, dirancang oleh Kementerian Kesehatan RI sebagai tempat pelaksanaan program simulasi penyuntikan vaksin Covid-19.  Selain Puskesmas Abiansemal I, pemerintah pusat juga merancang program serupa di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Selasa (6/10), pihak Kementerian Kesehatan RI yang dipimpin Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr HM Budi Hidayat, M.Kes melakukan simulasi uji coba vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Abiansemal I. Kegiatan Selasa kemarin merupakan lanjutan dari kegiatan simulasi yang dilaksanakan, pada hari Senin (5/10) sebelumnya.

Pjs. Bupati Badung Ketut Lihadnyana yang juga hadir dan turut menyaksikan kegiatan simulasi menyatakan Kabupaten Badung siap menjadi salah satu tempat uji coba vaksin Virus Corona yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Puskesmas Abiansemal I ini siap dipilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19,” ujar Lihadnyana.

Menurut Lihadnyana, kesiapan tersebut didasarkan pada sumber daya prasarana dan tenaga kesehatan yang siap menjalankan pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19 serta kesiapan sistem alur pelaksanaannya.

BACA :  Remote Ditaruh di Dashboard Depan, Nmax Hilang Saat Terparkir di Halaman Rumah

Sistem alur yang dimaksudkan adalah prosedur dan tata laksana dari orang yang akan menjalani uji coba vaksinasi mulai sejak datang ke Puskesmas, pelaksanaan vaksinasi, hingga pasca vaksinasi.

“Kami akan siapkan jalur emergensi dan ambulance,” katanya seraya menjelaskan orang yang menjalani uji coba vaksinasi, setelah divaksinasi, diminta duduk dulu sekitar 30 menit dalam ruangan yang disiapkan sambil diberikan sosialisasi sekaligus melihat reaksinya.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi, Lihadnyana yang juga Kepala BKD Provinsi Bali ini menyampaikan Pemerintah Pusat merencanakan uji coba vaksin Covid-19 ini pada awal tahun 2021, sehingga Kabupaten Badung menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat.

“Soal waktu pelaksanaannya mengikuti jadwal dari pemerintah pusat. Tapi Kabupaten Badung sudah menyiapkan tempatnya, fasilitas protokol kesehatan, maupun pasien yang akan menjalani vaksinasi. Nantinya masih ada pertemuan-pertemuan dan arahan teknis dari pemerintah pusat,” katanya.

Disampaikan juga kalau dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Badung, rencananya juga akan ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami mendapat informasi, Bapak Presiden juga direncanakan akan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini,” katanya.

BACA :  PJ Bupati Tagel Wirasa Buka Porsenijar Gianyar Tahun 2024

Sementara itu dr. HM Budi Hidayat,M.Kes dari pihak Kemenkes usai meninjau pelaksanaan simulasi mengatakan secara umum puas melihat simulasi penyuntikan vaksin Covid-19 di Puskesmas Abiansemal I.

“Simulasi kali ini sudah bagus, sudah sesuai standar, mulai dari  pendaftaran sampai pemeriksaan suhu, lalu menuju ruang vaksinasi. Kemudian, dari ruang vaksinasi ke ruang observasi. Semuanya sudah bagus. Sebetulnya, teman-teman di Puskesmas sudah biasa melakukan pelayan vaksinasi. Cuma, karena ini vaksin Covid-19 yang baru, jadi kita buat simulasinya lagi,” ujar Budi Hidayat.

Terkait dipilihnya Kabupaten Badung sebagai salah satu lokasi uji coba vaksin, menurut Budi Hidayat karena Badung merupakan daerah tujuan pariwisata, “Kami ingin memberikan jaminan kepada masyarakat dunia bahwa Badung sebagai tempat tujuan pariwisata aman untuk dikunjungi,” katanya.

Penulis : Tim Liputan Covid

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular