Sir Jim Ratcliffe Menyatakan Minat Membeli Manchester United

Sir Jim Ratcliffe
Sir Jim Ratcliffe calon pemilik Manchester united

Perusahaan Ineos miliarder Inggris Jim Ratcliffe secara resmi bergabung dalam perlombaan untuk membeli Manchester United

Berita Bola, Manchester -Perusahaan Ineos miliarder Inggris Jim Ratcliffe secara resmi bergabung dalam perlombaan untuk membeli Manchester United pada hari Selasa.

Pemilik United, keluarga Glazer, mengatakan mereka bersedia mendengarkan tawaran untuk klub Liga Premier itu pada November dan Ratcliffe ingin mencapai kesepakatan.

Penggemar Boyhood United Ratcliffe, yang membuat tawaran 4,25 miliar pound ($ 5,2 miliar) yang gagal untuk membeli Chelsea tahun lalu, telah lama dikaitkan dengan Old Trafford.

“Kami telah secara resmi memasukkan diri ke dalam proses,” kata juru bicara Ineos kepada BBC.

Setelah gagal dalam pengambilalihan Chelsea ketika Roman Abramovich menjual The Blues ke taipan Amerika Todd Boehly dan konsorsiumnya, Ratcliffe kembali memburu raksasa Liga Premier.

United belum mengomentari berita minat pria berusia 70 tahun itu untuk mengambil alih dari Glazers yang berbasis di Amerika Serikat.

Tapi, lahir di Failsworth, Greater Manchester, Ratcliffe adalah salah satu orang terkaya di Inggris dan mungkin lebih cocok untuk dukungan United daripada Glazers, yang telah mengalami banyak protes penggemar selama masa pemerintahan mereka yang bermasalah.

The Glazers, yang menyelesaikan pengambilalihan klub pada tahun 2005, terbukti sangat tidak populer di kalangan pendukung karena nasib tim yang menurun di lapangan dalam beberapa tahun terakhir.

Pembelian United mereka juga membebani klub dengan hutang besar dan mereka telah lama dituduh mengambil lebih banyak secara finansial daripada yang mereka investasikan dalam hal dana transfer.

The Glazers semakin membuat marah penggemar United dengan mendukung proyek Liga Super Eropa yang gagal pada April 2021 yang akan menyebabkan klub tersebut bergabung dengan kompetisi yang memisahkan diri.

Sebuah pernyataan dari United pada bulan November mengatakan dewan akan “mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan perusahaan”.

United belum pernah memenangkan Liga Premier sejak 2013 dan trofi besar terakhir mereka datang enam tahun lalu.

Setelah finis di urutan keenam yang menyedihkan di Liga Premier musim lalu, United telah direvitalisasi oleh bos Erik ten Hag dan duduk di urutan keempat dalam tabel setelah mengalahkan musuh bebuyutan Manchester City 2-1 pada hari Sabtu.

Ineos ingin memperluas portofolio olahraga yang sudah mencakup kepemilikan tim Prancis Nice dan tim Swiss FC Lausanne-Sport, serta tim bersepeda Ineos Grenadiers, sebelumnya Team Sky.

Ratcliffe mungkin menghadapi persaingan dari investor Arab Saudi setelah menteri olahraga negara itu Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal mengatakan pada November “mungkin” ada minat untuk membeli United dan Liverpool, yang juga akan dijual.

Perusahaan investasi Amerika Raine Group, yang menangani penjualan Chelsea, secara eksklusif menasihati United, yang bernilai sekitar £5 miliar.