Minggu, Mei 19, 2024
BerandaDenpasarSistem Antarmuka Terbaru One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G

Sistem Antarmuka Terbaru One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G

DENPASAR, balipuspanews.com – Bertepatan dengan peluncuran Galaxy S23 Series 5G, Samsung turut memperkenalkan sistem antarmuka terbarunya, yakni One UI 5.1, yang diciptakan dengan berbagai macam fitur kustomisasi, keamanan, dan aksesibilitas baru yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan personalisasi hingga menuangkan kreativitasnya.

“Melalui One UI 5.1, Samsung berupaya untuk menghadirkan pengalaman mobile terbarukan kepada pengguna dengan memberikan kontrol yang lebih besar atas smartphone mereka,” jelas Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia belum lama ini.

Kata dia, sejumlah fitur unggulan yang lebih epic di One UI 5.1, di antaranya Expert RAW dan Photo Remaster untuk kualitas gambar yang mumpuni, widget cerdas dengan dynamic weather widget dan Modes and Routines, hingga penggunaan filter foto dengan sangat mudah untuk mereka yang menyukai foto estetik dan masih banyak fitur menarik lainnya.

One UI 5.1 merupakan sistem antarmuka terbaru dari Samsung yang menggunakan basis sistem operasi Android 13. Simak bagaimana One UI 5.1 memberi pengalaman yang lebih terpersonalisasi sesuai kreativitas dan preferensi pengguna yang memberi kemudahan dalam menjalani keseharian:

Smartphone lebih personal dengan kustomisasi di setiap elemen
salah satu kelebihan One UI dibanding sistem antarmuka lainnya adalah keleluasaan serta kontrol penuh pengguna terhadap perangkat smartphone miliknya yang telah dibuktikan dari waktu ke waktu.

BACA :  Motor Tersenggol Bus, Satu Orang Dinyatakan Meninggal Dunia

Kini, dengan One UI 5.1, Samsung menghadirkan sejumlah fitur yang lebih memudahkan pengguna untuk melakukan personalisasi perangkat sesuai dengan kepribadiannya. Salah satu hal ter-simple yang bisa dilakukan adalah mengedit dan meng-customize display lock dan home screen sesuka hati.

“Kamu tidak perlu bingung memilih gambar yang ingin dijadikan wallpaper karena Samsung menyediakan banyak pilihan wallpaper dengan 16 tema warna menarik. Selain bisa menggunakan gambar atau foto, kamu juga bisa membuat wallpaper dengan potongan video yang kamu suka untuk membuat tampilan ponselmu lebih hidup dan berwarna. Dan dengan dukungan prosesor terbaik penggunaan video pada wallpaper pada Galaxy S23 Series 5G akan terasa lebih mulus,” sambungnya.

Ditambahkan, guna menyempurnakan pengalaman mobile, One UI 5.1 juga telah hadir dengan widget yang dilengkapi dengan smart suggestion. Widget cerdas ini akan memberikan referensi aplikasi sesuai dengan aktivitas dan rutinitas penggunanya.

Bahkan, deretan widget di One UI 5.1 kini dilengkapi dengan Spotify yang akan menyarankan musik untuk berbagai macam aktivitas, seperti mengemudi, berolahraga, dan banyak lagi.

BACA :  Pemkab Buleleng Raih Juara Umum Pengelola DAK Fisik, Dana Desa, dan KUR Terbaik Tahun 2023

Samsung turut memperluas fitur Modes and Routines yang bisa dikustomisasi dengan penyesuaian di segala situasi, misalnya ponsel akan otomatis mengaktifkan mode gelap dan mengubah mode suara saat tiba waktu tidur, mengaktifkan mode ‘do not disturb’ saat sedang belajar atau bekerja, hingga memutar lagu saat sedang berolahraga.

Personalisasi terhadap kebutuhan pengguna juga dibuktikan melalui hadirnya dynamic weather widget yang menampilkan cuaca melalui sebuah ilustrasi bergaya seni modern.

Yang tak kalah menarik, content creation jadi lebih epic dengan berbagai tools terbarukan
Tidak hanya membuat smartphone lebih personal, One UI 5.1 juga memberi kemudahan untuk para content creators.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya akses cepat ke mode Expert RAW cukup dengan menekan “More” pada menu kamera setelah ia terpasang pada perangkat.

Sebelumnya, masih kata Very, pengguna harus mengakses Expert RAW di aplikasi terpisah setelah mengunduhnya di Galaxy Store. Expert RAW sendiri merupakan mode yang membuat kamu bisa mengambil foto berkualitas tinggi tanpa pemrosesan atau kompresi. Mode ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki kontrol penuh dalam mengedit foto di kemudian hari.

Keunggulan One UI 5.1 dalam hal editing foto berikutnya adalah kemampuan untuk membuat filter sendiri hanya dari gambar yang sudah ada di gallery-mu atau yang kamu ambil dari internet. Caranya mudah, kamu tinggal cari gambar dengan tone yang kamu suka. Lalu ikuti langkah ini:

BACA :  Sinergitas KemenPPPA Pastikan Akses Keadilan bagi Perempun Berhadapan dengan Hukum

Filter yang baru saja kamu buat juga akan tersimpan otomatis di gallery dan aplikasi kamera. Kamu bisa menggunakan preset filter tersebut untuk mengedit foto yang lainnya atau bahkan menggunakannya untuk mengambil gambar dengan filter, caranya sebagai berikut:

Masih seputar content creation, One UI 5.1 juga melakukan ubahan epic pada fitur Gallery. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan fitur Photo Remaster yang membuat proses remastering foto menjadi lebih optimal, termasuk dalam menghilangkan bayangan dan pantulan. Dengan proses yang begitu otomatis, kamu bisa membuat foto-foto lama terlihat lebih epic. Fitur pencarian foto di Gallery pun jadi semakin pintar.

“Kini, kamu bisa mencari lebih dari satu orang atau subjek di saat bersamaan. Kamu bahkan dapat mencari orang tanpa menandai nama mereka, hanya dengan mengetuk wajah. Sekarang tampilan informasi gambar atau video di Gallery juga dibuat lebih sederhana dan lengkap,” pungkasnya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular