Siswa SD di Gianyar Ikuti Gerakan Masyarakat sehat
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Gianyar, balipuspanews.com- Pola penyakit dimasyarakat saat ini tidak lagi terfokus pada penyakit infeksi. Tetapi, lebih mengarah pada penyakit degenerative seperti hipertensi, jantung, kencing manis dan kanker. Hal ini disampaikan dalam sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar selaku Ketua Forum Komunikasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)  Kabupaten Gianyar, yang dibacakan oleh dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati,M.Kes. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, serangkaian Lomba Senam Cuci Tangan dan Lomba Penyajian Makanan GERMAS di Kabupaten Gianyar, Kamis, (8/11/2018) di Hotel Gianyar.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa sekolah dasar perwakilan kecamatan untuk Lomba Senam Cuci Tangan,dan Perwakilan Instansi Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Rumah sakit Daerah dan swasta, serta rekanan lain untuk Lomba Penyajian Makanan GERMAS, dengan Tim Juri dari Unsur Dinas Pemuda dan Olah raga Kabupaten Gianyar, Dinas Kesehatan kabupaten Gianyar dan Dinas Kesehatan Propinsi Bali, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, dan Persatuan Ahli Gizi Kabupaten Gianyar.

Dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar pola hidup bersih dan sehat dapat dibiasakan mulai sejak anak-anak, dan menyebarluaskan informasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  mulai dari tingkat sekolah, instansi pemerintah, maupun usaha penyedia hidangan.

GERMAS merupakan bagian dari dinamika dan semangat warga, mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten untuk hidup sehat. Prosesnya berjalan secara terus menerus, dengan mengembangkan seluruh potensi  melalui pemberdayaan masyarakat, yang saling mendukung dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Gianyar. Diharapkan dukungan semua pihak dalam mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dewa Ayu Budi Arini, SKM.M.Kes, salah satu Juri menyampaikan apresiasi akan kegiatan ini, dimana anak sekolah sudah membiasakan diri untuk cuci tangan yang benar, sebagai salah satu perilaku hidup bersih dan sehat. Kepala Seksi Pembibitan & IPTEK Olah Raga Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Gianyar ini menyampaikan bahwa sangat banyak manfaat cuci tangan yang benar dalam mencegah terkena penyakit menular, seperti diare, cacingan, hepatitis A, dan lainnya. Harapannya agar kegiatan ini terus dikembangkan sampai mencakup seluruh anak di Gianyar, sehingga memperluas perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat. Hal senada disampaikan oleh Putu Gede Sartika, salah satu seniman bondres “DUG BYOR” dari Keramas, Blahbatuh, di sela-sela kegiatan ini bahwa sangat positif kegiatan perilaku sehat ini bisa diterapkan di masyarakat, sebagai upaya  meningkatkan  kualitas kesehatan masyarakat.Lomba cuci tangan, penyajian makanan sehat dan lainnya harus terus diaktifkan, sehingga masyarakat terbiasa melakukan perilaku bersih dan sehat.

Pada kegiatan ini, Lomba makanan GERMAS sebagai juara I RSUD Sanjiwani Gianyar, Juara II RSU Ari Santi dan Juara III Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar. Untuk Lomba Senam Cuci Tangan, sebagai Juara I SDN 5 Sukawati, Juara IISDN 6 Gianyar dan Juara III SDN 3 Tampaksiring. ( rls/tim/bpn)

 

Advertisement

Tinggalkan Komentar...