Ketua Komisi III DPRD Klungkung Wayan Mardana.
Ketua Komisi III DPRD Klungkung Wayan Mardana.
SEMARAPURA, balipuspanews.com –

Adanya Perubahan skema penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mulai awal tahun ini, mendapat sorotan Ketua Komisi III DPRD Klungkung Wayan Mardana.

Kedepan ia pun meminta Dinas Pendidikan dan jajarannya untuk segera sosialisasi ke setiap sekolah terkait perubahan skema ini.

” Kami di daerah sangat mendukung sekali penyederhanaan birokrasi penyaluran BOS. Kebijakan itu sejalan dengan program Menteri Pendidikan, mendorong program merdeka belajar,” ujar Wayan Mardana, Kamis (20/2).

Ia pun mendorong Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, agar sedari awal mensosialisasikan kebijakan Pemerintah Pusat ini kepada sekolah. Sehingga nantinya dalam pengelolaan dana bos yang dilakukan, kepala sekolah (kepsek) aman dari persoalan hukum dan siswa bisa belajar dengan nyaman.

” Dengan skema baru itu, penyaluran dana BOS kan langsung ke sekolah.  Sekarang tugas kami di daerah adalah mengawal kebijakan ini, agar dalam pengelolaannya kepala sekolah (kepsek) aman dari persoalan hukum dan siswa bisa belajar dengan nyaman,” terangnya.

Politisi Partai Golkar asal dapil Kecamatan Dawan ini juga meminta agar semua pihak terutama Dinas Pendidikan dan pengawas sekolah di semua jenjang, ikut bersama-sama mengawal penyaluran dan pemanfaatan dana BOS sesuai juklak juknis agar tepat sasaran.(Roni/BPN/tim)