SMA Negeri 1 Abang Mulai Dibangun, Gede Dana : Terimakasih Gubernur Bali Sudah Mengakomodir Aspirasi Masyarakat Abang

Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wagub Cok Ace, ketua DPRD Gede Dana melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA N 1 Abang
Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wagub Cok Ace, ketua DPRD Gede Dana melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA N 1 Abang

KARANGASEM, balipuspanews.com – Kecamatan Abang, Karangasem akhirnya memiliki sekolah menengah atas (SMA) Negeri setelah sebelumnya banyak siswa kebingungan mencari sekolah negeri lantaran terkendala sistem zonasi yang diberlakukan sejak tahun 2018 lalu.

Pembangunan gedung SMA Negeri 1 Abang ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Wagub, Cok Ace, Sekda Bali, Wabup Kabupaten Karangasem, dan Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana Sabtu 8 Agustus 2020.

Pembangunan Gedung dengan anggaran sebesar Rp 12 Miliar tersebut berlokasi dilingkungan Poh Santen, Desa Tista, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, memiliki rancangan tiga lantai dibangun diatas tanah milik Pemprov Bali yang ditargetkan selesai pada Desember 2020 mendatang.

Selama ini di wilayah Kecamatan Abang belum memiliki SMA Negeri, karena yang ada baru hanya SMKN dan SMA swasta saja sehingga banyak orang tua siswa kebingungan untuk mencarikan anaknya SMA Negeri saat putra dan putrinya lulus SMP.

Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam kesempatan tersebut mengatakan, ia sangat bersyukur bangun sekolah SMA N 1 Abang bisa dibangun tahun ini meski dengan keterbatasan angaran karena dialihkan untuk Penanganan Covid-19.

“Semoga di tahun ajaran baru 2021 nanti dengan selesainya pembangunan sekolah diakhir tahun, penerimaan peserta didik baru tidak lagi mengalami kesulitan seperti tahun sebelumnya,” kata Wayan Koster.

Sementara itu, Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana dalam kesempatan tersebut mengatakan, semoga dengan didirikannya sekolah SMA Negeri di wilayah Kecamatan Abang ini, anak – anak menjadi tambah semangat untuk melanjutkan sekolah dengan jarak yang cukup dekat.

Sebelumnya kata Dana, banyak keluhan masyarakat tentang sulitnya mencari sekolah SMA Negeri di wilayah Kecamatan Abang, terlebih dengan berlakunya sistem zonasi bagi siswa.

Ia sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Gubernur Bali dengan membangun SMA N 1 Abang. Sebagai wakil masyarakat Abang ia mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Bali yang sudah dengan cepat mengakomodir aspirasi masyarakat Abang.

“Jadi dengan dibangunnya SMA N 1 Abang, anak – anak kedepannya sudah tidak sulit lagi untuk melanjutkan sekolahnya,” kata Gede Dana.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan