SMP Negeri 3 Selat Siapkan Subsidi Paket Data Gratis Untuk Seluruh Siswa

KARANGASEM, balipuspanews.com- Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar melalui sistem daring (dalam jaringan), pihak sekolah menyiapkan paket data secara gratis bagi seluruh siswa yang bersekolah di SMP Negeri 3 Selat, Karangasem, Bali.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Selat, I Komang Gede Sudarsana saat dikonfirmasi pada Sabtu (25/7/2020) membenarkan prihal rencana pemberian subsidi paket internet tersebut.

“ Ya benar, pihak sekolah sudah bekerjasama dengan salah satu provider. Rencananya siswa akan diberikan subsidi paket internet selama dua bulan kedepan,” kata Sudarsana.

Di SMP Negeri 3 Selat sendiri terdapat total sebanyak 672 siswa dari kelas VII, VIII dan XI. Rencananya, masing – masing dari siswa tersebut akan diberikan subsidi paket data melalui kartu baru sebanyak 8 GB untuk penggunaan selama dua bulan yaitu bulan Agustus 4 GB dan September 4 GB.

Untuk realisasinya sendiri diperkirakan bisa dilakukan pada awal bulan Agustus 2020 mendatang, karena saat ini pihak sekolah masih melakukan pendataan nomor KK dan NIK siswa untuk diberikan kepada pihak provider sebagai syarat pengaktifan kartu.

“ Sementara kita subsidi dua bulan dulu, kita antisipasi kalau diijinkan belajar di sekolah biar tidak mubasir. Karena tujuan pemberian paketan untuk mendukung pembelajaran online, apabila situasi masih mengharuskan belajar dirumah kita akan perpanjang lagi untuk bulan Oktober dan November,” jelas Sudarsana

Pemberian subsidi paket data ini seluruhnya menggunakan anggaran dana BOS yang bersumber dari pergeseran anggaran yang kegiatannya tidak jalan akibat dampak pandemi corona.

Sementara itu, bagi siswa yang tidak memiliki ponsel android atau sejenisnya tidak usah khawatir, menurut Sudarsana sesuai dengan hasil rapat bersama orang tua siswa beberapa waktu lalu, bagi siswa yang tidak memiliki ponsel android atau sejenisnya bisa kerja sama dengan teman yang memiliki dan tetap akan mendapat subsidi paket internet.

Dengan diberikannya subsidi paket data tersebut, Sudarsana berharap agar para orang tua juga bersama – sama mendampingi dan mengawasi putra putrinya dalam belajar dirumah.

“ Semoga dengan ini pelayanan pembelajaran untuk siswa SMPN 3 Selat menjadi optimal sehingga anak – anak tetap bisa belajar dengan baik,” harap Sudarsana.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan