SMPN 1 Banjarangkan Satu-Satunya SMP di Bali Raih 10 Besar Peringkat Nasional

Siswi SMPN 1 Banjarangkan yang melakukan Belajar Dari Rumah (BDR)
Siswi SMPN 1 Banjarangkan yang melakukan Belajar Dari Rumah (BDR)

SEMARAPURA, balipuspanews.com – SMPN 1 Banjarangkan, Klungkung satu satunya SMP di Bali yang tembus 10 besar tingkat nasional dalam lomba video Praktik Baik Sambut Tahun Ajaran 2020/2021 kategori Belajar Dari Rumah (BDR) yang dilaksanakan tanggal 29 juli 2020 yang lalu.

Lomba yang dihelat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini diikuti oleh jenjang TK, SD, SMP, dan SMA/SMK tingkat nasional.

Keberhasilan yang diraih ini disampaikan langsung Kepsek SMPN 1 Banjarangkan, Klungkung Nengah Suradnyana,S.Pd, setelah mendapat pengumuman pada tanggal 25 Agustus 2020 lalu, Selasa (15/9/2020).

“SMPN 1 Banjarangkan resmi sebagai satu satunya sekolah SMP di Bali yang masuk 10 besar dan menerima Apresiasi dari lomba Berbagi Praktik Baik Sambut Tahun Ajaran 2020/2021 kategori Belajar Dari Rumah (BDR), dan disampaikan langsung oleh panitia Penyelenggara di pusat,” ujar Nengah Suradnyana.

Dimana dalam lomba ini sekolah mengirim video yang sesuai dengan  realita di lapangan, dengan suasana BDR yang mendidik namun tetap menyenangkan. Dalam hal ini, guru tidak hanya mengejar konten, melainkan mengembangkan life skill (keterampilan) siswa.

“Bakat dan potensi anak itu yang dikembangkan dalam proses belajar antara materi dan praktik. Di antaranya siswa berlatih menari, berkebun, belajar membuat artikel puisi, dan lainnya,” terangnya.

Untuk mendukung Belajar Dari Rumah (BDR), siswa yang tidak memiliki telepon seluler, sekolah mengupayakan memberikan sumbangan berupa telepon seluler beserta kuota. Sumbangan ini merupakan sumbangan dari beberapa guru-guru yang memiliki telepon seluler lebih dan layak pakai.

Selain itu pihak sekolah juga memberikan sumbangan sembako yang direalisasikan langsung ke rumah rumah siswa yang terdampak Covid-19, hal ini di lakukan untuk mengurangi beban orang tua siswa. Sumbangan ini diserahkan langsung oleh kepsek dan di dampingi oleh komite serta staf SMPN 1 Banjarangkan.

Selain berhasil tembus 10 besar nasional sebagai penerima Apresiasi Berbagi Praktik Baik Sambut Tahun Ajaran 2020/2021 kategori BDR, siswa SMPN 1 Banjarangkan juga mengikuti lomba “Gen Kihajar” (Generasi Kita Harus Belajar) Tingkat Nasional. Lomba ini juga diikuti oleh siswa asal Indonesia yang tinggal di luar negeri.

“Siswa yang ikut lomba ini sebanyak 109 orang. Tetapi, hanya 4 orang yang berhasil lolos Level 1 (basic). Keempat siswa SMPN 1 Banjarangkan yang berhasil lolos Level 1 itu, masing-masing Putu Rahayu Putri (Kelas IX 1), Ni Nyoman Genitri Setiadnya (Kelas IX 1), Putu Arta Sedana Kori (Kelas VIII 2), dan Putu Anasuya Parmitha (Kelas VII 1),” ujar kepsek SMPN 1 Banjarangkan.

Kemudian, ada 4 siswa dalam tes Level 2 (intermediate), tapi yang lolos 2 orang. Selanjutnya, 2 orang mengikuti tes Level 3 (advance), namun hasilnya belum diumumkan.

Dalam lomba “Gen Kihajar” terdapat 5 tahapan tes. Tes ini berupa kemampuan dan keterampilan bidang sains, teknologi, literasi, dan nuneralisasi.

Nengah Suradnyana berharap agar kegiatan ini dapat mengurangi beban belajar siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan bersahabat dengan teknologi.

Serta menghilangkan rasa bosan, mengurangi stress, dan memberikan ruang kepada siswa dalam pengembangan bakat potensi siswa melalui pembelajaran life skill.

Hal ini wajib dilakukan sekolah untuk mengurangi siswa keluar rumah ditengah pandemi Covid-19 yang belum melandai.

“Semoga prestasi ini dapat memotivasi seluruh warga sekolah termasuk komite dan orang tua siswa untuk lebih meningkatkan bimbingan dan kontribusi dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan praktik baik dapat dijadikan salah-satu acuan belajar dari rumah (BDR) pada satuan pendidikan,” pungkasnya.

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan