SMPN 1 Mengwi terpilih sebagai Duta Perwakilan Kabupaten Badung penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Bali, Kamis (19/9) kemarin.
SMPN 1 Mengwi terpilih sebagai Duta Perwakilan Kabupaten Badung penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Bali, Kamis (19/9) kemarin.
sewa motor matic murah dibali

MENGWI, balipuspanews.com – Bupati Badung yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga I Made Mandi, memberikan selamat kepada SMPN 1 Mengwi atas penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Bali, Kamis (19/9) kemarin di SMP N 1 Mengwi.

Acara penilaian ini juga dihadiri Kepala Dinas penilai Provinsi Bali selaku Tim Penilai Provinsi Bali Nyoman Suniya Winartha, Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Mengwi I Wayan Koper, Kepala UPT Puskesmas Mengwi 1, Kapolsek Mengwi yang diwakili Kanit Bimas I.B Mantra Camat mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra beserta muspikanya.

Dalam sambutan Bupati Badung yang dibacakan Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga I Made Mandi menyampaikan, kegiatan LSS ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang merupakan salah satu sarana pembinaan, pengembangan dan evaluasi pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah (UKS), diharapkan dapat memberikan motivasi secara terus menerus dan berkesinambungan bagi setiap sekolah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas anak didiknya sejak usia dini.

“Kami menyambut baik diselenggarakannya lomba sekolah sehat ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita, terutama dalam usaha membina serta meningkatkan kualitas SDM-nya.”kata I Made Mandi.

Kegiatan UKS ini merupakan suatu wahana untuk meningkatkan kemampuan perilaku hidup sehat, hidup bersih dari lingkungan pendidikan mulai dari penerapan Trias UKS, berupa Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat berdasarkan Tri Hita karana.

“Kegiatan UKS ini juga mengandung makna yang strategis karena perserta didik merupakan bagian dari keluarga sebagai unsur sosial terkecil dari masyarakat, sehingga nantinya para peserta didik diharapkan memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif, tidak hanya di dalam usaha kesehatan disekolah saja tetapi juga dirumah tangga maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMP I Mengwi Nyoman Wertha mengatakan, selaku kepala sekolah pihaknya selalu siap terhadap penilaian ini, karena sudah menandatangani fakta intergritas bahwa dengan program – program disekolah harus didukung dengan sesama.

“Oleh karena demikian kami dari sekolah untuk membuat suatu komitmen yang dinamakan team work untuk menyelesaikan seluruh kegiatan dari program sekolah, terkait dengan lomba UKS hari ini kita betul-betul apa yang disampaikan oleh team dari Provinsi Bali yang sudah dilakukan mulai dari kita menyediakan kader anak-anak kita mulai jam pukul.06.30 sudah diadakannya kegiatan berupa Tri Sandia, kedua siswa wajib untuk membacakan dan mengucapkan janji siswa sesuai dengan komitmennya. “kata Nyoman Wertha.

Ketua Tim Penilai Nyoman Suniya Winartha menyampaikan, Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) merupakan program kegiatan yang memiliki nilai strategis dan efektif dalam penyampaian dan penyebaran informasi kesehatan di masyarakat melalui pemberdayaan peserta didik di sekolah, “Kepada anak didik yang merupakan bagian terpenting dari komponen sekolah yang sebagai sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan karena mereka mudah untuk dijangkau dan terorganisasi dengan baik, mudah dimotivasi dan cepat menerima serta mengadopsi pesan-pesan kesehatan.”Kata Nyoman Suniya Winartha.

(cita/bpn/tim)