Rayakan Hari AIDS sedunia diajang Car free day Gianyar
sewa motor matic murah dibali

Gianyar, balipuspanews.com- Memperingati hari AIDS Sedunia 2018, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar Jalan Santai, Senam GERMAS, Pelayanan Kesehatan Gratis, Test Kesehatan HIV,  Donor Darah dan hiburan di areal Car Free Day Taman Kota Gianyar, Minggu (2/12/2018). Acara ini dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gianyar I Wayan Suardana mewakili Bupati Gianyar. Hadir dalam acara ini Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gianyar, direktur rumah sakit swasta, UPT Kesmas se-Kabupaten Gianyar, Siswa KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS & Narkoba), PMI Gianyar, dan undangan lain serta masyarakat Gianyar.

I Wayan Suardana menyampaikan, bahwa peringatan Hari AIDS Sedunia merupakan momentum penting bagi kita semua untuk melaksanakan kampanye bersama, mengenai pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS. Penularan HIV sebagian besar terjadi melalui hubungan seks beresiko, seperti hubungan seks dengan banyak pasangan, dan menggunakan jarum suntik yang tidak steril pada kalangan pengguna narkotika suntik.

Penularannya sebagian besar menyerang usia produktif yaitu 20-39 tahun, karena maraknya perilaku seks bebas dan penyalahgunaan narkoba pada kalangan remaja. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka yang terjadi adalah hilangnya generasi muda. Melalui peringatan Hari AIDS Sedunia 2018 ini, diharapkan seluruh komponen agar ikut serta dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS bersama Pemerintah Kabupaten Gianyar, selalu melaksanakan upaya pencegahan, melalui penyebarluasan informasi AIDS, pelatihan tenaga kesehatan, pelayanan kesehatan  termasuk pengobatan bagi orang dengan HIV-AIDS.

Anak Agung Gede Agung Suardana Sekretaris II KPA Kabupaten Gianyar selaku ketua panitia dalam acara ini, menyampaikan bahwa tema peringatan HAS ini adalah “Saya Berani, Saya Sehat” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV-AIDS, dengan berani mengakses layanan kesehatan, melakukan test HIV dan melanjutkan dengan pengobatan ARV sedini mungkin, jika terdiagnose HIV.

Rangkaian peringatan HAS di Kabupaten Gianyar 2018, dilaksanakan dengan pemasangan Spanduk KIE Hari AIDS Sedunia di 7 kecamatan dan 13 puskesmas, Kampanye Hari AIDS Sedunia (1/12) di seluruh kecamatan oleh KSPAN tingkat SMP dan SMA/SMK dengan pembagian stiker dan brosur, pemberian bantuan sembako bagi ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS), Kampanye melalui Radio Gelora Pemkab Gianyar, Acara Kepedulian HAS bersama Yayasan Kryasta Guna dan Yowana Padang Tegal Ubud di Central Parkir Monkey Forest Ubud, dan Puncaknya di CFD Taman Kota Gianyar.

Melalui Peringatan Hari AIDS Sedunia ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian, serta memperkuat komitmen masyarakat dalam upaya pencegahan dan penaggulangan HIV-AIDS, yang tentu berani melakukan test HIV, karena di seluruh puskesmas dan rumah sakit di Gianyar memiliki layanan HIV-AIDS termasuk Test HIV, dan wajib melakukan pengobatan ARV bila diketahui positif HIV. ( rls/bas)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here