Spanduk Paslon Bupati dan Wakil Dirusak, Bawaslu Bangli Turun ke Lapangan

Spanduk kedua Paslon di wilayah Penatan, Susut dirusak orang tak dikenal
Spanduk kedua Paslon di wilayah Penatan, Susut dirusak orang tak dikenal

BANGLI, balipuspanews.com – Dua buah spanduk pasangan calon (Paslon) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli 2020 yang dipasang bersebelahan, tepatnya di wilayah perbatasan desa Penatahan dengan Sulahan, Susut, Bangli rusak.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangli, I Nengah Purna, Senin (26/10/2020), mengatakan, pihaknya bersama dengan Panwascam, Camat, Kepolisian, dan TNI sudah sempat melakukan penelusuran ke lapangan, setelah adanya laporan dari masyarakat terkait adanya dugaan spanduk yang dirusak.

“Setelah kita tiba di lapangan memang kita menemukan bahwa spanduk tersebut ada kerusakan. Baik dari spanduk Paslon 1 maupun spanduk Paslon 2,” ungkapnya.

Disinggung terkait adanya unsur kesengajaan pengerusakan spanduk, Purna tidak menampiknya.

“Kami hanya dapat menduga, dan spanduk tersebut memang seolah-olah dirusak. Kenapa demikian, dilihat dari robeknya, seperti robekan spanduk Paslon satu benar-benar sampai terputus. Kalau diduga cuaca kecil kemungkinan sampai serusak itu,” jelasnya.

Ditambahkannya, setelah rusaknya spanduk kedua Paslon tersebut, kedua tim pemenangan juga sempat mendatangi lokasi dan sepakat untuk menurunkannya. Namun pihaknya, belum dapat memastikan apa penyebab kerusakannya.

“Dan mungkin langkah-langkah lebih lanjut akan dikomunikasikan dengan KPU, dan akan diganti,” imbuhnya.

Atas kejadian itu, pihaknya menghimbau seluruh masyarakat Bangli di dalam suasana Pilkada agar tetap menjaga suasana tetap kondusif.

“Walaupun kita ada perbedaan warna dan perbedaan dukungan, masyarakat harus memastikan plihannya tanggal 9 desember. Dan sesuaikan dengan aturan, disamping itu juga, mari kita jaga kondusifitas di Kabupaten Bangli,” himbau Ketua Bawalu Bangli.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka Suryawan