Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBulelengSpesialis Pencuri Helm di Buleleng Dibekuk Polisi, Ngaku Telah Mencuri 240 Helm

Spesialis Pencuri Helm di Buleleng Dibekuk Polisi, Ngaku Telah Mencuri 240 Helm

BULELENG, balipuspanews.com – Diduga melakukan pencurian helm di kampus Undiksha, pria berinisial MR asal Kelurahan Banyusari, Singaraja diamankan Polsek Singaraja.

Aksi pencurian dilakukan MR pada Kamis 10/8/2023) sekitar pukul 13.00 WITA. Setelah didalami terungkap pria berusia 23 tahun ini ternyata seorang spesialis pencuri Helm dengan total helm yang telah dicuri sekitar 240 buah.

Kapolsek Singaraja Kompol Nyoman Pawana Jaya Negara menyampaikan tertangkapnya tersangka bermula dari adanya kecurigaan dari salah seorang satpam bernama I Putu AP,37, yang ketika itu sedang bertugas di Undiksha. Menyikapi infomasi itu polisi langsung melaksanakan penyelidikan ke lokasi.

Benar saja sesampainya di lokasi kejadian tersangka dipergoki sedang melancarkan aksinya dan ketika hendak diamankan tersangka sudah memegang helm milik salah seorang mahasiswi bernama Gusti Ayu Wulandari dan tersangka langsung mengakui perbuatannya.

Setelah dibekuk dan dilaksanakan proses pengembangan terhadap kasus tersebut, tersangka mengaku melancarkan aksinya tidak hanya di satu TKP. Namun totalnya mencapai tiga TKP diantaranya Parkir Kampus Tengah Undiksha, Lapangan Bhuana Patra, dan Obyek Wisata Pantai Penimbangan.

BACA :  Menko PMK : Masa Depan Bangsa Indonesia Ditentukan Anak-anak

Hasilnya dari ketiga TKP yang disebutkan oleh tersangka, total helm yang berhasil dicuri mencapai 240 buah terhitung sejak Desember 2022 sampai Agustus. Dimana sekali melakukan aksinya tersangka rata-rata berhasil mencuri 5 helm yang kemudian dijual secara online.

“Tersangka melakukan aksinya dengan cara menarik paksa helm di bawah jok motor serta mengambil helm yang ditaruh di spion sepeda motor. Tersangka sudah menjadikan ini sebagai profesi yang dilakoni sedari bulan Desember 2022 sampai tertangkap kemarin di Undiksha.

Helm ini dijual lewat online dan tidak ke pengepul dengan harga bervariasi sesuai merk dan kondisi,” terang Kompol Pawana, Kamis (31/8/2023).

Sementara berdasarkan hasil pemeriksaan dari tangan tersangka berhasil diamankan sejumlah barang bukti diantaranya tiga buah helm dengan merek ARC, Bogo IGLOO, Pilot berwarna hitam, sebuah HP merk Redmi A2 LET, sepasang baju kaos putih dan celana jeans panjang hitam, tas selempang hitam, satu unit motor, dan uang tunai Rp 90 ribu.

Akibat aksinya, tersangka MR disangka telah melakukan tindak pidana Pencurian sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

BACA :  Berdayakan UMKM, Wabup Suiasa Launching Program Sidi Kumbara

“Kita masih akan terus kembangkan lagi kasus ini, dan terhadap tersangka kita kenakan pas 362 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara,” pungkas Kompol Pawana.

Penulis : Nyoman Darma

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular