Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBulelengStabilkan Harga Beras, Sejumlah Pedagang Diberikan Subsidi Setiap Pekan

Stabilkan Harga Beras, Sejumlah Pedagang Diberikan Subsidi Setiap Pekan

BULELENG, balipuspanews.com – Harga beras yang semakin melonjak membuat semua pihak berpikir keras dalam proses menstabilkan harga. Salah satunya seperti yang dilangsungkan Perumda Pasar Argha Nayottama yakni dengan cara memberikan subsidi ke sejumlah pedagang setiap pekan.

Direktur Perumda Pasar Argha Nayottama I Putu Suardhana mengatakan subsidi beras yang diberikan merupakan bentuk kerjasama dimana pihaknya menyerahkan subsidi beras kepada masing-masing pedagang sebanyak 50 kilogram setiap pekannya. Melalui upaya tersebut diharapkan dapat membantu para pedagang menjual beras dengan harga yang lebih terjangkau yakni berkisar antara 13.500 hingga 14.000 rupiah per kilogram.

“Kami berharap, dengan adanya subsidi ini, para pedagang dapat menurunkan harga jual beras mereka di tengah lonjakan harga pasaran yang relatif tinggi,” jelas dia.

Pihaknya menambahkan tujuan utama dari subsidi beras yakni bertujuan memberikan efek psikologi kepada para pedagang agar dapat menurunkan harga jual beras mereka, yang rata-rata pada angka 15.500 sampai dengan 16.000 rupiah per kilogram.

Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta suasana di masyarakat yang lebih stabil dan terhindar dari kepanikan yang berlebihan. Suardhana berharap agar pasar dapat mewujudkan harga beras yang lebih terjangkau bagi masyarakat Buleleng secara keseluruhan.

BACA :  Kunjungi TK Negeri Pejukutan, Dewan Temukan Sekolah Tidak Miliki Toilet

Disisi lain, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana telah melaksanakan berbagai upaya untuk mewujudkan harga beras yang stabil. Upaya tersebut meliputi gerai pasar, penyaluran bantuan sosial, penyelenggaraan gerakan pangan murah, dan penyerapan beras produksi lokal.

Selain itu, Bulog RI juga menyalurkan produk beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kepada masyarakat di seluruh Indonesia dengan maksud memberikan harga beras yang wajar dan terjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular