Selasa, April 16, 2024
BerandaAdvertorialStaff Khusus Presiden RI Sambangi Denpasar, Apresiasi Komitmen Revitalisasi Pasar dan Inovasi...

Staff Khusus Presiden RI Sambangi Denpasar, Apresiasi Komitmen Revitalisasi Pasar dan Inovasi MPP Sewaka Dharma

DENPASAR, Balipuspanews.com -Kota Denpasar dengan beragam inovasi dan prestasi menjadikan ibukota Provinsi Bali ini menjadi menarik untuk dijadikan percontohan. Staff Khusus Presiden Republik Indonesia, A.A.G.N Ari Dwipayana hadir secara khusus untuk menyambangi Kota Denpasar pada Jumat (8/1). Didampingi Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra serta OPD terkait, kunjungan diawali dari Kantor Walikota Denpasar bergerak menuju Pasar Badung yang bersiap akan diresmikan dan berakhir di Mal Pelayanan Publik Sewaka Dharma, Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut satu persatu pelayanan turut mendapat kunjungan oleh putra Bali yang berkiprah di tingkat nasional ini. Mulai dari Layanan Perijinan, Layanan Kependudukan, Damamaya Cyber Monitor serta beragam layanan dari instansi vertikal seperti halnya BPN, PLN, dan lain sebagainya.

Staff Khusus Presiden Republik Indonesia, Ari Dwipayana mengatakan bahwa di Kota Denpasar inovasi di berbagai sektor dilaksanakan guna mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan pelaksanaan revitalisasi pasar tradisional, penguatan wirausaha muda, pencanangan kota tangguh sosial, Denpasar safe city, Mal Pelayanan Publik, Damamaya Cyber Monitor serta beragam inovasi lainya yang dapat menjadi contoh daerah lain di Indonesia.

BACA :  Disdukcapil Kota Denpasar Siap Gelar Penertiban Administrasi Kependudukan Di Pelabuhan Benoa

Lebih lanjut dikatakan, program revitalisasi pasar pendekatanya tidak hanya perbaikan fisik, melainkan sebuah pendekatan  pola kerja dengan tetap mempertahankan nilai budaya yang ada di pasar tradisional. “Hal ini merupakan sebuah trobosan yang dapat dikatakan sebagai revitalisasi pasar plus, dimana tidak hanya memperbaiki fisik, penguatan aspek budaya di pasar tradisional juga tetap dipertahankan melalui sekolah pasar yang tentunya mampu mendukung pedagang pasar agar dapat berkompetisi denga pedagang modern dengan tata kelola yang profesional tentunya,” jelasnya.

Ari Dwipayana menjelaskan bahwa saat ini hampir sebagian besar negara berkambang menghadapi dampak ekonomi. Salah satu upaya yang dapat dimaksimalkan untuk menghadapi tantangan ini yakni mendoirong tumbuh kembang enterprenership atau wirausaha. “Pemerintah harus menjadi garda terdepan untuk mendorong tumbuh kembang enterpreneur, mulai dari merintis usaha, menjalankan usaha serta naik kelas, dan di Denpasar sendiri sangat terdepan dalam mendukung enterpreeur dengan beberapa program diantaranya WMD, serta menyediakan co-oeking space dan beragam festival,” ujar Ari Dwipayana.

Ia juga turut mengapresiasi MPP Sewaka Dharma yang tengah berkembang menjadi sebuah model pelayanan publik yang lengkap dan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Dimana, masyarakat dapat memanfaatkan  beragam pelayanan hanya dalam satu gedung. “Kalau dulu hanya sebatas di OPD saja, dan kini di Denpasar tidak hanya di lingkup OPD, namun telah berkembang hingga lingkungan instansi vertikal, serta beragam inovasi ini bisa kita pelajari dan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain, penanggulangan kemiskinan harus bermula dari penguatan ekonomi masyarakat

BACA :  Sempat Berkeliaran Tak Pakai Baju Lewati Jalur Mobil di Tol Bali Mandara, Bule Ini Diamankan PJR Ditlantas Polda Bali

Ketika disinggung terkait rencana kehadiran presiden dalam peresmian Pasar Badung pihaknya mengatakan bahwa presiden sangat mendukung revitalisasi pasar. Dan Presiden berharap dapat meresmikan pasar terbesar di Bali ini. “Beberapa kali sudah sempat dibicarakan, jadi tinggal menunggu waktu yang tepat saja.” pungkasnya.

Sementara, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra megatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kehadiran staff khusus presiden di Kota Denpasar. Rai Mantra mengatakan beragam inovasi ini merupaan upaya untuk memberikan kesejahteraan bag masyarakat. “Terimakasih atas kehadiran di Kota Denpasar, Denpasar akan terus berinovasi untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, dengan revitalisasi pasar ini harkat dan martabat pedagang pasar dapat terangkat sebagai budaya masyarakat, sedangkan dengan adanya MPP tentunya pelayanan publik bagi masyarakat lebih efektif dan efisien,” ujar Rai Mantra, (rls/bpn/min).

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular