Stand Babi Guling dan Lawar Celeng Diserbu Pengunjung Festival Kuliner PDIP
Pengunjung dan Ketua DPC PDI Perjuangan Klungkung AA Gde Anom ikut menyerbu stand kuliner babi guling dan lawar celeng yang disiapkan panitia

 SEMARAPURA, balipuspanews.com -Kebanyakan pengunjung menyerbu stand kuliner babi guling dan lawar celeng yang disiapkan panitia pada

HUT PDI.Perjuangan ke 47 dilapangan Puputan,Klungkung  di Lapangan Puputan Klungkung, Minggu (23/2/2020).

Tidak terkecuali, Ketua DPC PDIP Klungkung Anak Agung Gde Anom bersama sekretarisnya Sang Nyoman Putrayasa dan Ketua Panitia Komang Sutama ikut berburu babi guling.

Panitia menyiapkan 15 stand kuliner yang kesemuanya menyajikan produk lokal seperti serombotan khas Klungkung, lawar celeng, masakan ikan laut, lawar kuwir ada juga jajan Bali. Selain disajikan secara gratis kepad apengunjung, semua standa juga dinilai oleh pihak Asosiasi Chef Indonesia (ICA) yang digandeng oleh pihak panitia.

“Kegiatan ini selain rangkaian HUT partai (PDIP) ke-47, kami juga ikut mensosialisasikan kalau makan daging babi itu aman, meski ada isu merebaknya virus babi,” tandas Anak Agung Gde Anom.

Selain itu, politisi senior asal Lingkungan Mergan, Semarapura ini menyatakan, festival kuliner ini juga bertujuan mengangkat potensi lokal khususnya dibidang kuliner.

“Kami juga bermaksud mengangkat kuliner yang dimiliki Klungkung seperti serombotan yang menjadi khas Kabupaten Klungkung,” imbuhnya seraya menyatakan mengapresiasi atas partisipasi masyarakat Klungkung yang sudah ikut meramaikan kegiatan PDIP.

Ketua Panitia Komang Sutama menambahkan, stand kuliner dinilai menjadi empat katagori. Ada katagori best the best (katagori terbaik), katagori rasa terbaik, katagori penyajian terbaik dan katagori pelayanan terbaik.

“Pemenang di masing-masing katagori selain mendapatkan sertifikat dan piala juga ada uang pembinaan,” jelas Sutama.

Selain acara festival kuliner juga ada kegiatan sosilisasi HIV/AIDS, pesertanya siswa SMA dan SMP di Kabupaten Klungkung sekitar 1.000 orang. Ada juga kegiatan penghijauan/aksi bersih sampah plastik serta lomba meme.

“Semua kegiatan sudah disesuaikan dengan situasi di masyarakat, mengakomodir potensi yang ada,” pungkas politisi asal Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan ini.

Salah seorang pengunjung Komang Urip mengaku sangat menikmati masakan babi guling. “Lumayan lezat. Ini kan produk lokal, jadi lebih aman,” ujar Urip.(Roni/BPN/tim)