Stand pameran Hardiknas kecamatan Selat memamerkan barong yang bahanya dari kaleng bekas. Suhartawan balipuspanews
Stand pameran Hardiknas kecamatan Selat memamerkan barong yang bahanya dari kaleng bekas. Suhartawan balipuspanews
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, Balipuspanews.com – Ada cerita mistis dibalik proses pembuatan miniature Barong dan Celuluk yang dipamerkan pada salah satu stan pameran milik Kecamatan Selat dalam pameran pendidikan memperingati hari pendidikan nasional daula Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem.

Dari penuturan I Gede Berata, salah seorang guru dari SD 1 Duda Utara, Selat, Karangasem yang ditemui media ini saat menjaga stan pameran. Bahwa saat proses pembuatan miniatur barong yang terbuat dari recikel barang bekas tersebut merasakan sesuatu yang aneh.

Saat itu, dirinya bersama slah seorang rekannya bernama I Wayan Widnyana yang merancang Barong recikle tersebut tengah bekerja utuk menyelesaikan pembauatn bagian barong hingga malam hari. Entah mengapa, begitu masuk ketahapan finishing tapel (bagian wajah) Barong tiba tiba merasakan keanehan, bulu kuduknya seketika merinding kondidi ini juga dialami oleh rekannya.

“Saat itu kami bekerja hingga larut malam, begitu proses finishing tapelnya dan sudah berwarna kami langsung merinding bulu kuduk merinding,” kata Gede Berata.

Miniatur barong sendiri terbuat dari recikle barang – barang bekas seperti menggunakan botol minuman mineral untuk bagian tubuhnya, karung goni yang di robek robek untuk bagian rambutnya dan serbuk kayu untuk hiasan mozaiknya.

Selain itu, pada bagian tempat diletakkannya miniature Barong tersebut juga cukup unik dimana terbuat dari susunan Koran bekas yang disusun sedemikian rupa. Tak hanya replica barong dan celuluk distan pameran juga dipamerkan berbagai kerajinan tangan siswa seperti miniature rumah, symbol acinta yang terbuat dari serbuk batu hitam karangasem dan lukisan siswa yang sudah memenangkan beberapa perlombaan. (suar/bpn/tim)