Ditengah upaya untuk mencegah meluasnya virus corona, Kodim 1617/Jembrana mengelar donor darah
Ditengah upaya untuk mencegah meluasnya virus corona, Kodim 1617/Jembrana mengelar donor darah

NEGARA,balipuspanews.com – Ditengah upaya untuk mencegah meluasnya virus corona, Kodim 1617/Jembrana mengelar donor darah. Puluhan kantong darah yang didapat kemudian dierahkan untuk membantu stok darah PMI.

Donor darah pada Jumat (3/4 yang dilakukan dalam rangka membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah  sebagai akibat Social Distancing untuk menghadapi pandemic Covid-19, itu diikuti puluhan orang dari anggota Kodom dan jajaranya, Yonif Maknis 741/Garuda Nusantara dan dan Sub Denpom Negara.

Menurut Pasi Ter Kodim 1617/Jembrana Kapten Chb Drs. Kariyanto selaku Ketua Penyelenggara mendonorkan darah merupakan satu tindakan yang mulia karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan.

Sementara itu Dandim 1617/Jembarana Letkol Kav Djefri Marsono Hanok menyampaikan, kegiatan donor darah yang kita lakukan ini merupakan rangkaian dalam tujuan untuk membantu PMI menyiapkan ketersediaan darah untuk membantu masyarakat Jembrana dimana saat ini banyak sekali pasien yang mengalami Demam Berdarah serta stok PMI yang mulai menipis is akibat pemberlakuan Social Distance pandemic corona.

“Donor darah ini, selain membantu masyarakat yang membutuhkan, juga banyak manfaatnya bagi seluruh personel yang melakukan donor darah.

Seperti dapat memeriksakan kesehatan kita secara langsung, juga akan diregenerasi dengan sel-sel darah yang baru sehungga badan akan terasa segar setelah beberapa hari ke depan, selain itu dengan donor darah kita juga akan mengurangi resiko terkena penyakit seperti strok dan kolesterol tinggi.” Jelasnya.

Dari hasil donor darah tersebut dapat disumbangkan k 22 kantong darah karena ada anggota yang tidak memenuhi syarat dalam pelaksanaan donor darah karena berbagai alasan seperti hipertensi, hipotensi atau belum waktunya.

“Sebagai prajurit TNI, sudah kewajiban kita membantu masyarakat dalam biidang kesehatan, maupun di bidang lainnya. Karena TNI lahir dari rakyat, berbuat dan mengabdi juga untuk rakyat”, ungkapnya. (nm/bpn/tim)