Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKarangasemStok Air Hujan di Desa Tianyar Habis, BPBD Karangasem Distribusikan Air Bersih

Stok Air Hujan di Desa Tianyar Habis, BPBD Karangasem Distribusikan Air Bersih

KARANGASEM, balipuspanews.com – BPBD Kabupaten Karangasem melaksanakan pendistribusian air bersih untuk warga Dusun Paleg, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, pada Rabu (29/9/2021).

Pendistribusian air bersih ini dilalukan atas permintaan dari Kepala Desa setempat menyusul habisnya persediaan air yang ada didalam cubang sebagai dampak musim kemarau yang melanda wilayah tersebut.

Menurut PLT Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, selama ini untuk kebutuhan air, warga yang tinggal di wilayah tersebut bergantung dari stok air hujan yang ditampung kedalam cubang.

Namun karena musim kemarau berkepanjangan, persediaan air didalam cubang mulai menipis bahkan telah mengering sehingga dari Desa meminta bantuana ke BPBD untuk mendistribusikan air bersih kewilayanya.

“Kita mendapat permintaan dari Kepala Desa setempat, selama ada cubang kita di BPBD akan siap melayani,” ujar Arimbawa.

Sementara itu, salah seorang warga Dusun Paleg bernama Ekawati menuturkan bahwa hujan terakhir kali turun diwilayahnya sekitar bulan Maret 2021 lalu. Di rumahnya sendiri ia memiliki cubang untuk menampung air hujan, hanya saja stok air dicubangnya saat ini sudah mengering lantaran musim kemarau yang berkepanjangan.

BACA :  Kasus Babi Mati Tak Ada Solusi, Peternak di Karangasem Semakin Resah

“Persediaan air dicubang rumah kami sudah habis, saat ini untuk kebutuhan minum dan memasak kami mencari air di cubang umum ini,” terangnya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular