Jumat, Juni 14, 2024
BerandaJembranaStok Beras di Gudang Bulog Aman

Stok Beras di Gudang Bulog Aman

JEMBRANA, balipuspanews.com – Melonjaknya harga beras dipasaran, disikapi Pemkab Jembrana. Rabu (14/9/2023,) Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) melakukan pengecekan stok beras di gudang Bulog, Penyaringan.

Selain untuk memastikan  beras yang ada di Jembrana ini cukup untuk di distribusikan, Wabup juga ingin memastikan penanganan harga beras dalam situasi yang stabil, sehingga kebutuhan pokok masyarakat bisa terpenuhi.

“Kedatangan kita hari ini untuk memastikan bahwa untuk beras yang ada di Jembrana ini cukup, distribusi juga cukup,” ujarnya

Wabup Ipat, menghimbau agar masyarakat Jembrana tidak perlu cemas akan kekurangan beras. Apalagi berdasarkan data yang disampaikan Bulog Jembrana menyatakan stok beras yang dimiliki juga masih mencukupi hingga akhir tahun.

Meski demikian, Ipat berharap Bulog tetap melakukan langkah-langkah antisipasi mencegah kenaikan harga beras di sejumlah pasar. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar.

“Saya pikir tidak ada alasan lagi harga ini terus meningkat. Kami ingin dari bulog melakukan operasi pasar dalam rangka menurunkan harga beras. Pemerintah Daerah juga akan melakukan operasi pasar dan segera akan dilakukan,” tegasnya.

BACA :  Majukan Potensi Wisata Daerah, BULD DPD RI Bahas Regulasi Kebijakan Pariwisata

Sementara, Kepala Gudang Bulog Penyaringan, I Wayan Adi Astika menjelaskan bahwa stok beras dipastikan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat ditengah dampak elnino. Ia pastikan bahwa stok bulog saat ini kurang lebihnya sekitar 500 ton.

“Stok di bulog sifatnya nasional, kalau nanti kekurangan kita stok di gudang penyaringan nantinya bisa dibawakan ke gudang yang terdekat. Kemarin pimpinan kami di Kanwil Denpasar menjelaskan bahwa stok kita sampai akhir tahun ini masih aman,” ungkapnya.

Sementara untuk di gudang penyaringan, pihaknya menerangkan sedang menyiapkan beras untuk bantuan pangan 3 bulan kedepan. Ia berharap harga beras tidak terus mengalami kenaikan.

“Kita di bulog mendapatkan tugas dari Kementerian Bappenas untuk melakukan penjualan beras SPHP atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan. Itupun sudah dilakukannya dengan penguatan dari gudang bulog yang ini sudah ratusan ton untuk wilayah Jembrana. Mudah-mudahan dengan adanya harga ini masyarakat dapat tersentuh dan harga bisa kembali normal,” jelasnya.

Harga beras di bulog saat ini seperti beras SPHP harganya sekarang 9.950/Kg, dan untuk harga pengecer paling tinggi 10.900/Kg.

BACA :  Pemkab Jembrana Siap Bentuk BNNK

“Mudah-mudahan para pedagang tidak menjual melebihi daripada harga supaya masyarakat tidak kena dampak kenaikan,” tandasnya

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular