Ilustrasi net.
Ilustrasi net.

GIANYAR, Balipuspanews.com – Stok blanko dan tinta KTP-El di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar mengalami kehabisan, stok blanko ini habis sekitar satu minggu yang lalu. Karena hal ini, Disdukcapil Gianyar sudah melayangkan permohonan pengadaan blanl ke kemendagri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Kadisdukcapil) Gianyar, Putu Gede Bayangkara, Kamis (16/5) dihubungi membenarkan blangko KTP-El dan  tinta untuk cetak KTP-El sudah habis. Untuk itu, pihaknya sudah memohon ke Mendagri.

sewa motor matic murah dibali

Dikatakan, untuk memaksimalkan pembuatan KTP-El di Kabupaten Gianyar,pihaknya memberikan pelayanan adminitrasi kependudukan dengan program sistem jemput bola  (Sijebol) dinilai efektif untuk administrasi kependudukan di Kabupaten Gianyar. Program ini salah satunya dilaksanakan dengan melakukan perekaman KTP-el di pasar-pasar induk yang ada ditiap kecamatan.

“Langkah-langkah jemput bola ke pasar-pasar kami nilai efektif.  Bahkan rata-rata warga yang melakukan perekaman di pasar mencapai 50 orang,” kata Kadisdukcapil Bayangkara.
Selain itu, Disdukcapil Gianyar siap mendatangi rumah warga untuk melakukan perekaman E KTP untuk hal-hal yang bersifat khusus. Disdukcapil mendatangi rumah warga yang berkebutuhan khusus (disabilitas), sakit, sulinggih atau pemangku.

Perekaman dilakukan ke sekolah-sekolah menyasar pelajar SMA/SMK yang berumur 17 tahun. Program ini sudah tuntas dan nantinya akan dilaksanakan lagi setelah tahun ajaran baru mendatang.

Berdasarkan data  April  tahun 2019  penduduk Gianyar berjumlah 498.942 jiwa dengan warga yang wajib KTP-El sebanyak 384.596. Sedangkan warga yang belum perekaman masih tersisa 7.354 jiwa. Jumlah ini menurutnya menurun signifikan, dibanding Tahun 2018 lalu yang mencapai puluhan ribu. Jumlah terbanyak yang belum perekaman KTP-El adalah di Kecamatan Blahbatuh dengan jumlah 1.582 dan Kecamatan Ubud sebanyak 1.302 orang. Sedangkan di Kecamatan Tegalalang yang belum perekaman KTP-el sebanyak 265 warga.(catur/bpn/tim).

Tinggalkan Komentar...