Stok Darah PMI Terbatas, Dewan Buleleng Menggelar Donor Darah

Ketua DPRD Buleleng sesaat sebelum melakukan cek kesehatan sebelum donor darah
Ketua DPRD Buleleng sesaat sebelum melakukan cek kesehatan sebelum donor darah

BULELENG, balipuspanews.com – Sejak akhir 2019, hingga bulan Mei 2020, stok darah di PMI dikatakan sangat terbatas. Apalagi ditambah dengan keadaan adanya pandemi Covid-19.

Hal tersebut membuat Pimpinan, Anggota serta Staf Kesekretriatan DPRD Kabupaten Buleleng menggelar aksi Donor Darah yang berlangsung di halaman parkir belakang Gedung dewan Buleleng.

Dengan kembali diadakan kegiatan tersebut jadinya sudah dua kali di Tahun 2020 rutin dilakukan dari pihak DPRD Buleleng.

Bahkan sesuai yang sudah direncanakan nantinya pihaknya akan kembali adakan yang ke 3 (kali) dalam setahun.

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, dan beberapa anggota dewan secara antusias ikut menyumbangkan darahnya dalam kegiatan tersebut, Tak hanya Anggota DPRD, terlihat juga staf kesekretariatan dan beberapa awak media ikut berpartisipasi dalam kegiatan untuk mendonorkan darahnya.

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, SH menyampaikan bahwa kegiatan kali ini didasari atas rasa kemanusiaan, dan dimulai dari hal-hal yang kecil seperti yang terlaksana sekarang guna membantu PMI Kabupaten Buleleng, dalam penyediaan darah untuk di tranfusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Apalagi dalam situasi pandemi ini, tentunya PMI sangat membutuhkan dalam penyediaan darah,” ujarnya.

Lanjut Supriatna menyampaikan dari kegiatan tersebut, terdapat 27 kantong darah yang berhasil dikumpulkan terdiri atas Golongan A sebanyak 3 Kantong, B sebanyak 8 Kantong, dan O sebanyak 16 Kantong yang nantinya akan didristibusikan kepada masyarakat secara langsung, namun pihak PMI masih akan lakukan pengujian di laboratorium agar darah tetap aman.

“Nantinya akan melalui tahapan uji laboratorium oleh PMI Buleleng sebelum didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” sambungnya Selasa (7/7/2020).

Disisi lain, Wakil Pimpinan UDD PMI Kabupaten Buleleng dr. Luh Widiastiti mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas peran serta dan partisipasi dari seluruh pimpinan, anggota dan jajaran sekretariat DPRD Buleleng atas pelaksanaan donor darah tersebut.

Sebab selama akhir tahun 2019 sampai bulan Mei 2020 ditambah situasi ditengah pandemi covid-19 stok darah di PMI semakin terbatas.

“Ini sangat membantu sekali, karena diketahui bahwa sejak akhir 2019, sampai Mei 2020, stok darah di PMI sangat terbatas. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19. Jadi baru mulai bulan Juni ini, PMI keluar dan masyarakat mulai melaksanakan donor darah,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan