Pengecekan sembako
Pengecekan sembako

NEGARA, balipuspanews.com- Wabah corona yang sedang diantisipasi dengan berbagai upaya memang berpengaruh terhadap perekonomian termasuk terhadap ketersedian berbagai barang serta menimbulkan perubahan harga.

Untuk memastikan apakah dampak corona berpengaruh terhadap ketersediaan bahan pokok dan harga di pasaran, Senin (30/3) Satgas Pangan Jembrana melakukan pengecekan ke pasar Negara.
Di pasar terbesar di Jembrana iru Satgas pangan mengecek pedagang untuk mendapat informasi harga dan stok sembako.

Dari hasil pengecekan ti beberapa harga sembako terutama bumbu dapur mengalami kenaikan. seperti bawang merah naik dari Rp. 20 ribu menjadi Rp. 35 ribu rupiah per kilogram, bawang putih juga naik dua ribu rupiah per kilogram dari Rp. 43 ribu menjadi Rp. 45 ribu.

Selain bawang, cabai merah kecil dan besar juga naik. Cabai merah kecil naik dari Rp. 38 ribu menjadi Rp. 45 ribu rupiah perkilogram, cabai merah besar naik dari Rp. 24 ribu rupiah perkilogram menjadi Rp. 26 ribu.

“Selain bumbu harga gula pasir naik dua ribu dari 15 ribu menjadi 17 ribu,” ujar Ketut Weken salah satu pedagang.

Meski beberapa harga kebutuhan pokok naik namun menurut Kadus Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Jembrana I Komng Agus Adinata harga ini tidak terpengaruh isu corona. Sedangkan stok sembako di Jembrana masih aman bahkan berlimpah.

“ Dengan adanya isu corona untuk kenaikan harga tidak terpengaruh. Jadi harga masih stabil dari hari raya Galungan sampai hari ini. dan kami harapkan walau stok memadai masyarakat agar berbelanja dengan cerdas,” ujarnya.(nm/bpn/tim)