Selasa, Juli 16, 2024
BerandaDenpasarSubamia Disebut Kandidat Kuat Calon Wakil Bupati, Ini Kata PDIP Klungkung

Subamia Disebut Kandidat Kuat Calon Wakil Bupati, Ini Kata PDIP Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Teka-teki munculnya nama I Wayan Subamia sebagai kandidat kuat calon Wakil Bupati dari PDIP ditanggapi beragam oleh kader moncong putih di Bumi Serombotan.

Sekretaris DPC PDIP Klungkung
Sang Nyoman Putra Yasa, Rabu (19/6/2024) menyatakan, sejauh ini belum ada rekomendasi dari induk partai soal pasangan yang diusung PDIP dalam Pilkada Klungkung November 2024 mendatang.

“Kita internal PDIP Klungkung sudah mengajukan 10 nama untuk digodok saat konsolidasi sebagai bacabup dalam Pilkada Klungkung nanti. Ya, salah satunya mencuat nama Made Satria, tokoh dan kader PDIP asal Nusa Penida ini, tapi rekomendasinya belum ada nama beliau,” ungkap Sang Nyoman Putra Yasa.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Fraksi PDIP Klungkung, Ary Priadnya, yang juga Ketua PAC PDIP Dawan.

Menurutnya, pengajuan nama nama di internal PDIP Klungkung masih berproses.

“Kita baru mengajukan nama-nama, namun rekomendasi belum ada turun,” ujar tokoh asal Pesinggahan, Dawan ini optimis.

Memang sebelumnya berkembang informasi nama Wayan Subamia sudah disodorkan kepada Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster.

BACA :  Rapat Paripurna Masa Persidangan Kedua DPRD Badung, Fraksi Badung Gede Sorot Infrastruktur Jalan dan Kemacetan

Infonya saat itu Wayan Koster memanggil tiga kader PDIP yakni Ketua DPC PDIP Anak Agung Gde Anon, Made Satria dan Nyoman Suwirta (Bupati Klungkung periode 2013-2023).

Pertemuan itu membicarakan kesiapan PDIP Klungkung menghadapi Pilkada yang akan dihelat 27 November 2024. Saat itulah, Nyoman Suwirta menyodorkan nama Wayan Subamia kepada Koster agar dipertimbangkan bisa ikut menjadi kandidat dalam Pilkada Klungkung.

Yang jelas saat pertemuan terbatas itu, Made Satria menyatakan kesiapan dirinya maju sebagai kandidat bupati meskipun ia harus mundur sebagai anggota DPRD Klungkung. Saat ini Made Satria merupakan anggota DPRD Klungkung sekaligus calon anggota DPRD Klungkung terpilih hasil Pemilu 2024.

Sedangkan Anak Agung Gde Anom belum memberikan kepastian dirinya maju atau tidak pada Pilkada Klungkung. Politisi senior PDIP ini menyatakan masih menimbang-nimbang bakal maju sebagai kandidat bupati.

Sementara Nyoman Suwirta yang diminta pandangannya menyodorkan nama Wayan Subamia, dan menyerahkan sepenuhnya kepada DPP untuk posisi Subamia.

Subamia, tokoh asal Lingkungan Budaga, Kelurahan Semarapura Kauh inipun saat  dikonfirmasi wartawan Selasa (18/6/2025) lalu menyatakan beberapa kali dirinya memang sempat membangun komunikasi dengan sejumlah elit PDIP.

BACA :  Kabupaten Badung Raih Juara Umum Pada PKB XLVI 2024

“Sekali lagi saya sangat menghormati mekanisme di internal PDIP. Saya juga menghormati kader-kader senior di PDIP. Tapi kalau dalam proses internal hasilnya saya dipercaya, saya siap dan mari bersama-sama membangun Klungkung bersama masyarakat,” tandas Subamia.

Nama Subamia tidak asing di kalangan para politisi di Klungkung. Pasalnya, pria yang akrab disapa Yan Nik ini sejak lama fleksibel dalam bergaul. Bahkan, ketika Pilkada tahun 2008, Subamia mau dijadikan calon wakil bupati berpasangan dengan Wayan Candra. Ketika itu ia menyatakan siap namun keluarganya belum mendukung.

Di pihak lain, Subamia juga sempat dilirik oleh Partai Gerindra. Bahkan informasi yang beredar, pihak Gerindra sudah menyiapkan KTA untuk Subamia. Namun dalam perjalanannya setelah mengkrucut pasangan Ketut Juliarta-Made Wijaya dan pasangan Made Kasta-Ketut Gunaksa, perlahan peluang Subamia diusung oleh Gerindra kian tertutup.

“Saya bergaul dengan banyak teman-teman pengurus partai. Terima Kasih atas kepercayaannya. Pilkada itu kaitannya dengan partai politik yang mengusung calon, saya bergaul dengan banyak pengurus partai,” pungkasnya.

BACA :  Bahas Potensi Sekitar Kelautan, Pemkot Terima Kunjungan Lembaga Adat Bangsa Orang Laut Internasional Pekan Baru

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular