Rabu, April 17, 2024
BerandaBulelengSudah Kumpulkan Keterangan, Bawaslu Buleleng Mengaku Masih Melakukan Analisis

Sudah Kumpulkan Keterangan, Bawaslu Buleleng Mengaku Masih Melakukan Analisis

BULELENG, balipuspanews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng nampaknya sudah mengumpulkan keterangan terkait adanya dugaan seorang simpatisan partai pada saat pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 lalu yang nekat mencoblos 40 surat suara di TPS 5 Lingkungan Tegal Mawar Kelurahan Banjar Bali Kecamatan Buleleng.

Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng Kadek Carna Wirata dikonfirmasi Rabu (21/2/2024) mengatakan, telah melakukan penelusuran terkait kasus yang terjadi. Dalam proses penelusuran yang telah dilakukan, pihaknya mengaku sudah mengumpulkan keterangan dari sejumlah orang yang diduga ada saat peristiwa berlangsung. Sehingga dengan begitu pihaknya masih melakukan analisis terhadap kasus tersebut apakah keterangan memenuhi atau masih perlu keterangan tambahan.

“Rencana besok kami diskusikan lagi apakah perlu melakukan penelusuran lagi atau tidak, yang jelas jika fakta itu (40 surat suara sengaja di coblos,red) ditemukan maka berpotensi melanggar Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” tegas dia.

Carna menambahkan dalam penelusuran pihaknya tidak melibatkan pihak lain atau yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) di Kabupaten Buleleng. Namun penelusuran murni dari unsur Bawaslu Buleleng yang telah mendalami dugaan-dugaan yang berlangsung saat pelaksanaan pemungutan suara.

BACA :  Pemkab Badung Bersama Forum GenRe Badung Gelar Grand Final Pemilihan Duta GenRe Tahun 2024

“Penelusuran murni dilakukan Bawaslu. Penelusuran didasari sebelumnya polisi menangani kasus pemukulan yang terjadi di TPS,” terangnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular