Sukseskan Pemilu Serentak 2024, Polda Bali Gandeng Disdikpora Provinsi Bali

Pertemuan yang digelar jajaran (Polda Bali dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali
Pertemuan yang digelar jajaran (Polda Bali dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali

DENPASAR, balipuspanews.com – Generasi milenial diharapkan turut andil dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2024 mendatang.

Hal itu terungkap dalam pertemuan yang digelar jajaran (Polda Bali dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali.

Menurut Direktur Intelkam Polda Bali yang diwakili Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali AKBP I Wayan Sumara, S.Sos, M.Si, menghadapi Pemilu Tahun 2024, Disdikpora merupakan leading sektor untuk pemilih pemula.

“Sebagian besar pemilih dalam Pemilu Tahun 2024 adalah pemilih milenial yang jumlahnya di atas 50 persen, di mana angka 50 persen itu ada lulusan SMA,” tuturnya di Denpasar, pada Kamis (8/6/2023).

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Air Bersih, Denpasar Jalin Kerjasama dengan Korea Project Smart Water Management

Dijelaskan AKBP Wayan Sumara, saat ini pemilih pemula kurang tertarik dengan Pemilu. Sehingga diharapkan kepada pemilih pemula dioptimalkan untuk dapat memilih sehingga angka golput rendah.

“Perlu adanya cooling system dari tingkat sekolah sampai dengan masyarakat. Oleh karenanya harus adanya sosialisasi berkelanjutan untuk mewujudkan Pemilu Tahun 2024 yang aman, damai dan demokratis,” ujarnya.

Keterangan terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Drs. KN Boy Jayawibawa, M.Si., menerangkan, perlu ada perhatian dan pembinaan untuk anak-anak terutama menjelang pelaksanaan Pemilu.

“Pembinaan dapat secara formal dan informal. Untuk formal adalah pada saat menjalani pendidikan di sekolah, sedangkan informal adalah keluarga,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Pemprov Bali khususnya Disdikpora mengapresiasi upaya Polda Bali dikarenakan telah berperan aktif dalam menjalin sinergitas dengan semua instansi.

Baca Juga :  Desa Banjar Gelar Upacara Balik Sumpah Pasca Foto Mesum Oknum Sulinggih Viral

“Sinergitas sangat penting dilakukan dengan tujuan sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Bali,” pungkasnya.

Penulis : Kontributor Denpasar
Editor : Oka Suryawan