IGA Mas Sumatri. Foto istimewa
IGA Mas Sumatri. Foto istimewa

KARANGASEM, balipuspanews.com –
Dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kubu dan Kecamatan Karangasem disinyalir bakal menjadi barometer kemenangan Kandidat petahana, I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam Pilkada Karangasem tahun 2020 mendatang.

Pasalnya, berdasarkan rilis hasil survei Lembaga Ganesha Consulting yang dikeluarkan oleh Partai Nasdem Karangasem pada Rabu (22/01/2020) menunjukkan, Mas Sumatri menang di 8 Kecamatan sekabupaten Karangasem dengan prosentase terbesar berada di Kecamatan Karangasem dan Kecamatan Kubu.

Bahkan, menariknya hasil survey tersebut Mas Sumatri juga menang di Kecamatan Abang yang notabene adalah tempat tinggal dari Gede Dana yang digadang – gadang akan maju dalam Pilkada Karangasem tahun 2020.

Dilihat dari survei pemetaan, dari 78 Desa dan kelurahan di Kabupaten Karangasem. I Gusti Ayu Mas Sumatri berhasil unggul dari kompetitornya di 66 desa/ kelurahan dimana hanya kalah di 6 Desa saja sementara hasil imbang di 6 Desa lainnya.

“ Ini menunjukkan adanya peningkatan pesat elektabiltas Mas Sumatri karena saat Pilkada 2015 hanya unggul di 35 desa,” ujar Gusti Putu Arta selaku Konsultas Politik dan pengurus DPP Partai Nasdem.

Menurutnya, kemenangan telak Mas Sumatri berkaitan langsung dengan citra positif pemerintahan Masdipa dimana hasil survei mencatat persepsi publik yang sangat baik pada program pemerintah yaitu penanganan pengungsi Gunung Agung, mutu pelayanan mall terpadu, penanganan gepeng, kinerja badan otorita Pura Besakih, mutu layanan birokrasi, pemberantasan buta huruf dan putus sekolah, pelayanan air bersih, mutu layanan kesehatan dan makan gratis di RS, administrasi kependudukan hanya saja responden memberi catatan pada bidang penanganan galian c, dan program mutasi ASN.(igs/tim/bpn)