IGA Mas Sumatri. Foto istimewa
IGA Mas Sumatri. Foto istimewa

KARANGASEM, balipuspanews.com – Partai Nasdem Karangasem mengumumkan hasil survey calon bupati Karangasem yang akan bertarung dalam Pilkada serentak September 2020 mendatang.

Survey yang dilakukan oleh Ganesha Consulting selama lima hari dari tanggal 27 hingga 31 Oktober 2019 itu menunjukan elektabilitas incumbent  I Gusti Ayu Mas Sumatri unggul mutlak di atas nama lainnya seperti I Wayan Arta Dipa, I Gede Dana, I Made Sukarena dan Nengah Sumardi.

Survey Ganesha Consulting memakai dua parameter, yaitu survey elektabilitas dan survey pemetaan.

Untuk survey elektabilitas, Ganesha Consulting melibatkan 1.100 orang responden namun data yang dapat diolah sebanyak 1.092 responden dan margin of error sebanyak 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sedangkan survey pemetaan jumlah responsden 1.300 yang meliputi pemetaan di 78 desa dan kelurahan se Kabupaten Karangasem.

Hasil suvey menunjukkan, pada pertanyaan terbuka atau spontan tanpa pilihan nama calon bupati responden, nama Mas Sumatri memperoleh hasil sebesar 31 persen jauh diatas Gede Dana dimana hanya sebanyak 7.2 persen, Artha Dipa 1.6 persen, Sukarena 0.9 persen dan Sumardi hanya 0.4 persen.

Selain itu, pada pertanyaan tertutup sebanyak 6 nama, Mas Sumatri juga kembali unggul telak dengan hasil 60.9 persen, Gede Dana 18.8 persen, Artha Dipa 5.9 persen, Sumardi 5.5 persen, Purwa Arsana 1.5 persen dan Wayan Suyasa 1.3 persen sementara 19.36 persen diantaranya tidak menjawab

Bahkan dari 60.9 persen pemilih Mas Sumatri, dari hasil survei yang telah dilakukan, 8,7 persen diantaranya merasa sangat yakin untuk memilih sedangkan sisanya merasa yakin sebanyak 60.30 persen.

I Gusti Putu Arta selaku Konsultan Politik dan pengurus DPP Partai Nasdem, Rabu (22/01/2019) mengungkapkan, rilis terkait hasil survei ini baru dilakukan saat ini karena dinilai momentumnya paling tepat.

“ Hasil survey ini awalnya adalah konsumsi internal kandidat I Gusti Ayu Mas Sumatri. Namun karena saat ini momennya tepat kita baru rilis sekarang,” ujarnya dihadapan sejumlah awak media.

Menurut Putu Arta, hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Ganesha Consulting sangat akurat. Karena lembaga survey inilah yang membantu pemenangan Masdipa pada Pilkada 2015 dengan mengadakan survey hingga lima kali dan hasil yang akurat.(igs/tim/bpn)