Tabanan Berduka atas Berpulangnya Seorang Sosok Pengabdi

Keluarga besar Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tabanan berduka
Keluarga besar Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tabanan berduka

TABANAN, balipuspanews.com – Keluarga besar Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tabanan berduka. Duka ini dikarenakan seorang sosok pengabdinya yang tercatat sebagai mantan wakil ketua PHDI Tabanan I Gusti Nyoman Wirata berpulang.

Hal itu diungkapkan Ketua PHDI Tabanan Drs. I Wayan Tontra, MM., Minggu (5/4) pagi.

“Ya, kami keluarga besar PHDI Tabanan sangat berduka atas berpulangnya almarhum,” ungkap Tontra kepada awak media ini melalui aplikasi WA pribadinya.

Tontra menjelaskan almarhum berpulang dalam usia 80 tahun pada Jumat (3/4) di BRSUD Tabanan. Menjelang berpulangnya almarhum menderita sakit komplikasi prostat, jantung dan ginjal.

“Pasca berpulangnya, almarhum disemayamkan di rumah duka di Banjar Pengayehan, Gubug dan akan diupacara mekingsan di geni pada 8 April nanti,” sebut Tontra yang juga Ketua Majelis Madya Desa Adat dan Ketua FKUB Kabupaten Tabanan ini.

Disebutkannya, almarhum menjabat sebagai wakil ketua PHDI Tabanan periode 2014-2019. Selain itu almarhum yang mantan pendidik ini juga pernah duduk sebagai ketua Widhya Sabha Kabupaten Tabanan periode tahun 2000 hingga tahun 2019.

Tontra mengenang, almarhum merupakan sosok pengabdi yang tulus iklas dan rela mengabdi tanpa honor. Setiap saat bersama almarhum melakukan pembinaa kepelosok pedesaan dalam menyambut lomba utsawa dharmagita tingkat nasional.

“Beliau termasuk pendidik handal dan nak didiknya sering mendapat juara pada tingkat nasional. Kini sosok pengabdi dibidang agama seni dan budaya itu telah meninggalkan kita untuk selamanya, saya merasa kehilangan,” tutupnya. (BPN/ rah)