Senin, Februari 26, 2024
BerandaBadungTahun 2022 Tunjangan Lansia di Badung Turun 50 Persen

Tahun 2022 Tunjangan Lansia di Badung Turun 50 Persen

BADUNG, balipuspanews.com – Pandemi Covid-19 ikut berdampak pada tunjangan Lansia di Kabupaten Badung, Bali. Jika sebelumnya tunjangan Lansia Rp 1 juta, kali ini tunjangannya turun 50 persen menjadi Rp 500 ribu.

Turunnya tunjangan Lansia di kabupaten paling kaya di Bali ini disampaikan Sekretaris Dinas Sosial Badung AA Istri Agung Swandewi saat Raker dengan komisi IV DPRD Badung membahas RAPBD 2022 di gedung dewan, Kamis (21/10/2021).

“Jumlah tunjangannya turun dari Rp 1 juta menjadi Rp 500.000,” terang Swandewi dalam rapat.

Menurutnya, Lansia yang mendapatkan tunjangan adalah mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, pihak Dinas Sosial mengatakan bahwa akan menyalurkan bantuan untuk disabilitas seperti kursi roda, alat bantu dengar, dan tongkat tripod.

“Di APBD Perubahan kami mengajukan 50 kursi roda, yang disetujui hanya 26 buah. Pada 2022 kami tetap mengajukan 50 buah,” tuturnya.

Dimana khusus kursi roda, Swandewi menerangkan bahwa akan menjadi hak penerima bantuan.

Sementara itu Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Nyoman Oka Jayane, mengatakan, dalam rapat pada 2022 Dinas Kesehatan menerima anggaran sebesar Rp309 miliar.

BACA :  Pedagang Jajan Ditemukan Tergantung Dibelakang Dapur

Dari jumlah ini, disampaikan oleh pihaknya bahwa yang bisa dieksekusi hanya Rp293,7 miliar. Dimana nantinya terserap 41 persen untuk gaji  dan tunjangan Rp 153 miliar, tenaga kegiatan seperti untuk Jumantik dan Ambulan Desa Rp 75 miliar, untuk Jamkesmas Rp 30 miliar, dan untuk operasional hanya Rp29 miliar untuk belanja modal dan operasional.

Dilaporkan juga, anggaran untuk akreditasi khususnya untuk survei pusat sebesar Rp 754 juta yang belum ada. Untuk itu, pihaknya berharap Komisi IV bisa memfasilitasi sehingga program akreditasi puskesmas bisa berjalan dengan baik.

Raker ini berlangsung secara luring dan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV Made Sumerta dan diampingi Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, Made Suwardana, dan Nyoman Gede Wiradana. Dimana tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Penulis : Ayu Diah

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular