Tak Ada Pembatasan, Usabha Pitra di Pura Dalem Puri Besakih Berlangsung 7 Hari

Ritual Usabha Pitra kembali di gelar di Pura Dalem Puri Besakih. Rangkaian upacara akan dimulai 21 Januari 2023
Ritual Usabha Pitra kembali di gelar di Pura Dalem Puri Besakih. Rangkaian upacara akan dimulai 21 Januari 2023

KARANGASEM, balipuspanews.com – Rangkaian Usabha Pitra di Pura Dalem Puri Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem dimulai pada 21 Januari 2023 mendatang.

Usabha Pitra tahun 2023 ini akan berlangsung selama 7 hari, dimana diawali dengan uapacara petabuhan usabha pitra pada 21 Januari 2023 yang berlangsung di Pura Ulun Kulkul dan dilanjutkan upacara Nedunang Pralinggan Ida Bhatara di Pura Merajan Selonding, Besakih.

Pada tanggal 22 hingga 25 Januari 2023 dilaksanakan upacara katuran ayaban di Pura Dalem Puri Besakih, kemudian Puncak Usabha Pitra akan berlangsung pada Waraspati Paing Madangsia (pinaggal gasal, nemu kajeng sasih kawulu) yang jatuh pada Kamis 26 Januari 2023.

Baca Juga :  Disbud Ajak Generasi Muda Lestarikan Tradisi dan Budaya Lewat Lomba

Rangkaian Usabha Pitra di Pura Dalem Puri Besakih berakhir pada 27 Januari 2023 yang ditandai dengan upacara penyineban di Pura Merajan Slonding.

Bendesan Adat Besakih, Jero Mangku Widiarta dihubungi, Selasa (17/1/2023) mengatakan, dalam pelaksaan Usabha Pitra tahun 2023 ini, tidak ada lagi pembatasan yang dilakukan. Semua rangkaian upacara hingga pemedek dilaksanakan seperti biasanya.

“Tidak ada pembatasan lagi seperti saat Pandemi, Usabha Pitra di Pura Dalem Puri Besakih berjalan sesuai dengan eedan upacara yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan