Senin, Juni 17, 2024
BerandaKlungkungTak Dapat Penanganan Cepat, Bangunan SDN 3 Batukandik, Nusa Penida Nyaris Ambruk

Tak Dapat Penanganan Cepat, Bangunan SDN 3 Batukandik, Nusa Penida Nyaris Ambruk

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Ruang kelas di SD N 3 Batukandik, Kecamatan Nusa Penida dalam keadaan rusak parah sejak tabun 2021. Upaya perbaikan belum bisa dilakukan, karena sebelumnya terhalang masalah status aset lahan. Karena tidak kunjung mendapatkan penanganan, ruang kelas tersebut bahkan nyaris roboh.

Kepala Sekolah SD N 3 Batukandik Gede Dharmawan mengatakan, ruang kelas yang mengalami kerusakan parah merupakan ruangan kelas 1. Atap bangunan itu sudah jebol sejak tahun 2021, sehingga sejak itu ruang kelas dikosongkan.

“Atap ruangan kelas 1 sudah jebol sejak tahun 2021. Sejak saat itu ruang kelas tidak bisa digunakan lagi,” ujar Gede Dharmawan, Senin (29/1/2024).

Kondisinya saat ini kian parah. Plafon bangunan sudah roboh, menyisakan rangka atap yang sudah rapuh. Bahkan ada beberapa kayu konstruksi atap yang juga sudah roboh. Dikhawatirkan jika tidak kunjung mendapatkan perbaikan, atap bangunan tersebut cepat atau lambat akan roboh seluruhnya.

Hal ini juga berbahaya bagi ruang kelas lainnya, karena atap bangunan ruang kelas 1 itu, menyambung dengan ruang kelas lainnya.

BACA :  KemenPPPA Perkuat Kerjasama Penanganan Kasus TPPO

“Kondisi bangunan memang sudah tua, dan kayunya mungkin dimakan rayap,” ungkap Dharmawan.

Dengan kondisi tersebut, ruangan kelas 1 tersebut dikosongkan. Sementara siswa kelas 1 di SD N 3 Batukandik yang berjumlah 22 orang, sementara harus belajar di ruangan perpustakaan yang sebelumnya merupakan ruang guru.

Sementara ruang guru, harus menjadi satu dengan ruang kepala sekolah. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan.

Perbaikan ruang kelas di SD N 3 Batukandik sebenarnya telah diusulkan sejak tahun 2021. Namun karena masalah status aset sekolah, perbaikan belum bisa dilakukan. Sertifikat aset SD N 3 Batukandik baru keluar tahun 2023, dan langsung diajukan permohonan perbaikan ke pemerintah pusat.

“Sekolah kami sudah masuk data rusak berat, untuk pengajuan ke pusat (DAK). Mungkin ada yang lebih parah rusaknya, jadi kami (SD N 3 Batukandik) belum dapat bantuan. Rencananya 2024 diajukan lagi untuk rehab 2025. Sekarang sedang proses verifikasi,” jelas Darmawan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana mengatakan, perbaikan sekolah menggunakan skala prioritas. Terkait kerusakan di SD N 3 Batukandik, akan kembali diusulkan tahun 2024 ini.

BACA :  Sering Bikin Onar dan Menjadi Instruktur Diving Ilegal di Bali, Dua WNA Dideportasi

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, usulan untuk kebutuhan sarana dan prasarana sekolah dasar di Klungkung mencapai total Rp33 Miliar.

“Semoga usulan anggaran tersebut bisa disetujui, sehingga perbaikan bisa segera dilakukan,” ujar tokoh masyarakat Paksebali ini optimis.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular