Warga Desa Nawakerti sedang ambil air dari dalam cubang
Warga Desa Nawakerti sedang ambil air dari dalam cuban
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, Balipuspanews.com – Sekitar 875 Kepala Keluarga yang tinggal diwilayah Desa Nawakerti, Abang, Karangasem selama ini mengantungkan kebutuhan air sehari – hari dari tadahan air hujan yang ditampung kedalam sebuah cubang.

Warga terpaksa menggunakan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga sehari – hari lantaran diwilayah Desa Nawakerti tidak memiliki sumber air sehingga ketika memasuki musim kemarau dipastikan warga bakal kelimpungan untuk memperoleh air bersih apabila stok air didalam cubang mulai mengering.

“Selama ini dari empat Dusun, warga kami sekitar 80% bergantung dari tadahan air hujan yang ditampung kedalam cubang karena memang diwilayah Desa Nawakerti tidak ada sumber mata air,” jelas Kepala Desa Nawakerti, I Wayan Putu, Jumat (12/07/2019).

Dirinya berharapan atas nama masyarakat agar jaringan pemipaan air Telaga Waja yang sudah terpasang dari tahun 2012 silam bisa menjadi solusi pemerintah untuk meringankan dan memenuhi kebutuhan akan kebutuhan air besih warga Desa Nawakerti khususnya dan Kabupaten Karangasem pada umumnya. Begitu juga PDAM semoga bisa sesegeranya untuk memperluas jaringan sekaligus distribusi air hingga ke Desa Nawakeri.

Sementara itu, untuk mencukupi kebutuhan air, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem mendistribusikan air bersih didua Dusun yaitu Banjar Dinas Bawu Kangin dan Banjar Dinas Laga yang ada di Desa Nawakerti.

“Kita mengarahkan satu Unit armada mobil Tangki yang berisi air besih sebanyak 10.000 Liter,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa. (stw/bpn/tim)