Selasa, Februari 27, 2024
BerandaGianyarTak Tahu Punya JKN dari Pemda, Keluarga Ini Bahagia Saat Berobat Tanpa...

Tak Tahu Punya JKN dari Pemda, Keluarga Ini Bahagia Saat Berobat Tanpa Biaya

GIANYAR, balipuspanews.com– Merasa tidak memiliki asuransi kesehatan, keluarga dari I Wayan Juniarta,34, asal Gianyar merasa pasrah dengan biaya pengobatan salah satu keluarganya.

Mereka sekeluarga sudah berusaha menyiapkan dana semampunya untuk membiayai pengobatan tersebut, namun ketika memeriksakan diri ke salah satu puskesmas di Kabupaten Gianyar, Juniarta yang mengantar keluarganya tersebut langsung kaget sekaligus bahagia ketika petugas di puskesmas tersebut menyatakan jika ia sekeluarga terdaftar sebagai Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar.

“Dicek lewat KTP ternyata kami sekeluarga terdaftar sebagai peserta JKN yang dijamin oleh Pemda, kami semua sangat bersyukur karena kata petugas, pengobatan batu ginjal paman saya dapat dijamin penuh,” ungkap Juniarta.

Juniarta menuturkan begitu pentingnya JKN ini bagi keluarganya, Ia kembali mengenang bagaimana pengobatan tanpa JKN ketika istrinya melahirkan anak pertamanya sebagai pasien umum di salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Gianyar dengan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

“Istri saya belum terdaftar sebagai peserta JKN seperti saya, jadi saat lahiran anak pertama terpaksa kami harus membayar biaya pengobatan sebagai pasien umum. Karena operasi kami harus membayar sebesar 16 juta,” ceritanya.

BACA :  Tekan Harga Jelang Hari Raya, Pasar Murah dan Operasi Pasar Digalakkan

Apa yang Ia alami tentu saja membuatnya begitu gencar ingin segera mendaftarkan istri dan anaknya ke dalam program JKN agar apa yang ia alami sebelumnya tidak terulang lagi.

“Kami merasa JKN ini sangat penting karena jika harus membayar seperti dulu membuat kami merasa kesulitas biaya, apalagi sekarang masyarakat di Gianyar sudah bisa mendaftarkan diri ke dalam program JKN,” lanjutnya.

Kabupaten Gianyar memang telah kembali menyandang status Universal Health Coverage (UHC) program JKN, sehingga setiap masyarakat yang tidak memiliki jaminan kesehatan dapat didaftarkan oleh Pemda dengan kepesertaan yang dapat langsung aktif dan digunakan untuk keperluan pengobatan.

Sementara itu, Juniarta kembali menceritakan bagaimana ketika pamannya yang menjalani operasi batu ginjal akhirnya berobat tanpa biaya.

Sebelumnya pamannya memang sempat menjalani pengobatan dengan minum obat saja, tetapi setelah obatnya habis, sakitnya kembali kambuh bahkan lebih parah lagi sehingga Juniarta mengambil langkah cepat untuk mengajak pamannya ke rumah sakit langsung karena menganggap sakitnya emergency.

“Benar saja ternyata hasil pemeriksaan menunjukkan jika ada batu pada ginjal paman saya sudah besar dan harus diambil tindakan pembedahan, dari pihak rumah sakit dengan cepat melakukan operasi dan kini paman saya sedang dalam proses penyembuhan,” tegasnya.

BACA :  KUA akan Jadi Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Ini Masukan dari PHDI

Saat ditanya proses pengobatan pamannya dari awal hingga diperbolehkan pulang, Juniarta menyebut jika semuanya berjalan dengan mudah dan baik.

Ia yang mengurus langsung administrasi pengobatan pamannya hanya dimintai KTP oleh pihak puskesmas dan juga rumah sakit, kemudian saat pulang ia hanya dimintai tanda tangan saja.

Pengalaman yang dialami istrinya dan pamannya tentu merupakan kejadian yang membuatnya begitu mensyukuri JKN yang Ia dapat dari Pemda Gianyar, Juniarta menyampaikan terima kasih kepada Pemda Gianyar atas jaminan kesehatan yang telah diberikan kepada masyarakat.

“Saya sekeluarga sangat berterima kasih kepada Pemda Gianyar karena telah mendaftarkan kami menjadi Peserta JKN. Kami berharap kepesertaan kami dapat terus aktif karena kami tidak tahu kapan memerlukannya,” tutup Juniarta. (adv)

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular