Selasa, Juli 16, 2024
BerandaDenpasarTaman Penasar “Ceraken” Duta Denpasar Sukses Tampil Memukau di Ajang PKB XLVI

Taman Penasar “Ceraken” Duta Denpasar Sukses Tampil Memukau di Ajang PKB XLVI

DENPASAR, balipuspanews.com – Duta Kota Denpasar kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tahun 2024. Kali ini penampilan Duta Kota Denpasar dalam Wimbakara (Lomba) Taman Penasar oleh Sekaa Taman Penasar Basugita, Banjar Kedaton, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur yang tampil memukau di Kalangan Ratna Kanda, Taman Budaya Art Center Denpasar, Kamis (20/6/2024).

Pementasan Duta Taman Penasar Denpasar ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara. Tampak dalam penampilan Taman Penasar Duta Kota Denpasar mengangkat judul “Ceraken”. Yakni kisah seorang oknum Balian yang merasa hari-harinya sudah tidak seperti dulu lagi.

Garapan kesenian Taman Penasar ini mampu memberikan kesan tersendiri, serta tampil dramatis, menambah hidup suasana pementasan. Sajian materi dikemas sesuai tema Pesta Kesenian Bali tahun ini yakni “Jana Kerthi”.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi penampilan Taman Penasar yang ditampilkan Sekaa Taman Penasar Basugita sebagai Duta Kota Denpasar.

BACA :  Kurang 9.928 Dukungan, Kari Subali - Ismaya Optimis Lolos Jalur Independen

“Penampilan Taman Penasar kali ini merupakan salah satu bentuk eksistensi seni budaya tradisi yang ada di Kota Denpasar, selain penampilan yang apik dan dramatis dalam ajang lomba, kisah ini juga memberikan pesan kehidupan,” ujarnya.

Sementara Penulis Naskah Taman Penasar “Ceraken” , Sang Nyoman Gede Adhi Santika mengatakan, Taman Penasar “ Ceraken” kali ini mengisahkan seorang oknum Balian yang merasa hari-harinya sudah tidak seperti dulu lagi.

Di mana dahulu pasien-pasien berdatangan dengan berbagai macam penyakit memohon agar dapat disembuhkan olehnya.

Pada suatu Ketika oknum Balian tersebut merasa hal ini tidak dapat dibiarkan lagi, ia pun memiliki keinginan untuk berkeliling mencari orang-orang yang dirasanya perlu untuk diobati. Tibalah oknum Balian tersebut di sebuah pasar yang menjual berbagai macam bumbu dapur yang berwadahkan ceraken.

Tiba-tiba ada seorang pedagang merasa kesakitan pada bagian perutnya, tanpa berlama-lama oknum Balian pun memulai aksinya dengan mengeluarkan keris pamungkasnya serta mengarahkannya ke bagian perut pedagang tersebut, namun bukannya membaik pedagang tersebut semakin merintih kesakitan.

BACA :  Kemenpora Siapkan Penguatan Mental dan Psikologis Atlet Jelang Olimpiade 2024

Kemudian datang seorang laki-laki yang memberinya ramuan untuk diminum oleh pedagang tersebut, hal hasil pedagang itu merasa sakit pada bagian perutnya meringan.

“Kami optimistis penampilan Taman Penasar dari Sekaa Taman Penasar Basugita sebagai Duta Kota Denpasar ini dapat menyabet juara dalam ajang “Wimbakara’’ Pesta Kesenian Bali XLVI tahun ini,” ujarnya.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular